PESERTA MEMBLUDAK, GEBYAR MARAWIS LAHAT MAKIN SEMARAK

Selasa, 15-Oktober-2019, 14:16


Lahat – Marawis adalah salah satu jenis “band tepuk” dengan perkusi sebagai alat musik utamanya. Musik ini merupakan kolaborasi antara kesenian Timur Tengah dan Betawi, dan memiliki unsur keagamaan yang kental. Itu tercermin dari berbagai lirik lagu yang dibawakan yang merupakan pujian dan kecintaan kepada Sang Pencipta. (Senin, 15/10/2019)

Di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan juga musik marawis masih berkembang dan terus terjaga, apalagi saat adanya hajatan pernikahan tentunya sering sekali diisi dengan hiburan musik marawis. Selain itu, musik marawis jg menjadi pemersatu antar ibu-ibu di suatu desa atau daerah karena sering berkumpul untuk latihan menabuh dan berdendang musik marawis.

Hari ini Pemerintah Kabupaten Lahat melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) bekerja sama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Lahat mengadakan kegiatan Gebyar Marawis Se-Kabupaten Lahat yang dilaksanakan di Halaman Gedung Olahraga (GOR) Bukit Tunjuk Lahat.

Pembukaan kegiatan Gebyar Marawis ini dihadiri oleh Wakil Bupati Lahat, H. Hariyanto, SE. MM., Ketua TP-PKK Kab. Lahat Lidyawati Cik Ujang, S.Hut, Wakil Ketua TP-PKK Kab. Lahat dan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah, Drs. H. Ruslan, MM selaku penyelenggara.

Menurut Kepala Bagian Kesra Setda Lahat, Drs. H. Ruslan, MM kegiatan Gebyar Marawis ini bertujuan untuk melestarikan seni budaya islam yang ada di Kabupaten Lahat dan menjadi ajang silaturahmi baik antara peserta dengan peserta, maupun antara peserta dengan pemerintah.

“Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan seni budaya islam yang ada di Kabupaten Lahat dan menjadi ajang silaturahmi baik antara peserta dengan peserta, maupun antara peserta dengan pemerintah, kemudian yang terpenting adalah pembinaan insan insan seni agar mereka dapat menyampaikan pesan positif melalui musik marawis” jelasnya.

Drs. Ruslan, MM. menambahkan “Harapannya ke depan, mudah-mudahan kegiatan ini terus dapat dilaksanakan dengan lebih semarak lagi sesuai arahan Bupati Lahat, Wakil Bupati Lahat, Sekda, maupun Ketua TP PKK Lahat”.

Ketua Himpunan Seni Budaya Islam (HISBI) Kabupaten Lahat, Hj. Nurlela S.Ag, MM mensyukuri adanya kegiatan Gebyar Marawis ini karena sangat positif serta dapat menjadi ajang silaturahmi bagi peserta Gebyar Marawis. Hisbi telah membina persiapan tim marawis di Kabupaten Lahat sejak beberapa waktu lalu, Alhamdulillah hari ini pesertanya banyak” jelas Ketua Hisbi.

Yang menarik dari kegiatan ini adalah membludaknya jumlah peserta, yang mana prediksi awal jumlah peserta hanya 30 tim, namun hingga pelaksanaan hari ini jumlah peserta mencapai 120 tim dengan masing-masing tim terdiri dari 10-15 orang.

(Masdoel LO)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater