NCW : “SDM LEMAH, DANA KELURAHAN DI KABUPATEN LAHAT RAWAN KORUPSI”

Selasa, 15-Oktober-2019, 09:22


LAHAT – National Corruption watch (NCW) Lahat menilai dana kelurahan di kabupaten Lahat rawan dikorupsi. Minimnya SDM menjadi potensi dana negara ini di sunat
Sebelumnya, pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan sebelum dana kelurahan dicairkan membagi Kabupaten/Kota penerima dana kelurahan menjadi tiga kategori yaitu kategori baik, perlu ditingkatkan, dan sangat perlu ditingkatkan.

Klasifikasi tersebut dibagi berdasarkan kualitas pelayanan publik pada masing-masing daerah yang nantinya akan disesuaikan dengan anggaran yang akan dikucurkan dan berbeda-beda setiap kategori.

Sementara kondisi di kabupaten Lahat , menurut Koordinator Divisi Advokasi & Investigasi National Corruption watch (NCW) Lahat Pirdaus Alamsyah rawan penyelewengan dana kelurahan. Soalnya, SDM di Kabupaten Lahat masih minim dan kurang mumpuni.

Penambahan dana, sambung Pirdaus untuk kelurahan berpotensi semakin menyuburkan praktik korupsi dan penyalahgunaan anggaran untuk kepentingan tertentu.

Apalagi fungsi pengawasan dan pelaporan langsung kepada camat dan diteruskan Kepada Bupati seperti yang tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 138 Tahun 2018 serta menempatkan lurah sebagai kuasa pengguna anggaran.

“Ironisnya tidak ada aturan yang jelas tentang pengawasan yang melibatkan masyarakat secara langsung,” katanya Pirdaus, Selasa (15/10).

Kata Pirdaus, pegawai kelurahan di Lahat diduga masih ada berstatus Non PNS. Jika kemudian hal tersebut sudah diketahui dan tetap dijalankan sudah dapat dipastikan bahwa ada pelanggaran aturan (hukum) serta masuk dalam kategori maladministrasi, patut diduga jika hal tersebut terus dijalankan/dibiarkan akan membuka praktek kecurangan pengelolaan dana kelurahan yang mengarah pada korupsi.

“Kami sedang mendalami terkait hal tersebut yang nantinya akan kami laporkan ke aparat penegak hukum agar tata kelola dana Kelurahan terutama di Lahat dapat berjalan dengan semestinya,” ujarnya.

Pirdaus menjelaskan, alokasi dana kelurahan yang mulai dicairkan pada bulan April lalu seyogyanya akan memberikan manfaat untuk pemerataan dan percepatan pembangunan infrastruktur wilayah kelurahan serta peningkatan kualitas layanan pemerintahan kepada masyarakat.

“Tidak kalah penting menggerakkan dan memberdayaan ekonomi kerakyatan serta mengatasi masalah sosial kemasyarakatan,” katanya.

(FIR)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT

PAJAR BULAN - Selasa, 23-April-2024 - 09:10

Puskes Pajar Bulan, Gelar Re – Akreditasi 

selengkapnya..

MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater