KEMARAU PRODUKSI SAWIT MENURUN

Senin, 7-Oktober-2019, 20:41


LAHATONLINE, Wanaraya – Musim kemarau berkepanjangan menjelang akhir tahun 2019 ini membuat para petani kelapa sawit mengalami penurunan produksi. Selain karena usia pohon yang sudah tua, faktor cuaca membuat petani yang biasanya bisa meraup 15 ton Tandan Buah Segar (TBS) per hektare menjadi 3 sampai 7 ton TBS per hektare.

Porwanto (49) salah seorang petani kelapa sawit di Desa wanaraya Kecamata Kikm Barat mengatakan menurunnya produksi kelapa sawit ini membuat para petani sawit gigit jari. Belum lagi harga yang dipasang oleh para pengepul juga tak banyak. Hal ini membuat para petani kelapa sawit harus melakukan penuran pendapatan.

“Biasanya bisa 7 sampai 8 ton CPO per panen, tapi sekarang hanya 1,5 ton per panen,” keluhnya, Senin. (7/10)
Tak hanya purwanto, Sumitro (40) petani yang memiliki lahan perkebunan seluas 4 hektar ini juga harus menelan penurunan produksi yang sama. Namun, Sumitro menjelaskan bahwa faktor cuaca sebenarnya bisa diantisipasi jika kualitas bibit kelapa sawit bagus. Sebab, kualitas bibit kelapa sawit yang bagus memiliki salah satu keunggulan yaitu resisten terhadap cuaca. “Jadi kita juga butuh bibit kelapa sawit yang bagus juga,” ujar Sumitro.

Saat ini tercatat, bahwa harga jual tandan buah segar (tbs) kelapa sawit berada dalam posisi Rp 1.700 per kilogram di tingkat pengepul. Biasanya, jika tak lagi musim paceklik, harga jual tbs bisa mencapai Rp 2.000 per kilogram. Dengan harga jual di tingkat pengepul dibawah Rp 2.000 artinya para petani tidak bisa menutup ongkos pemeliharaan perkebunan kelapa sawit. Sebab, margin yang terjadi apabila di harga Rp 1.700 sangatlah besar.
Turunnya harga buah sawit di daerah ini mempengaruhi kepada perawatan. Karena, jika harga buah sawit lebih tinggi, mereka juga dapat lebih fokus untuk melaksanakan perawatan, seperti porsi pemupukan lebih ditingkatkan ketimbang harga sawit lebih rendah. terangnya. (ar3)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater