Grand Canyon, Objek Wisata Andalan Yang Ada di Kabupaten Lahat

Jumat, 20-September-2019, 18:23


LAHAT ONLINE, LAHAT – Kabupaten Lahat kaya dengan destinasi wisata, berada di Provinsi Sumatera Selatan di antara Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Empat Lawang dan Kota Pagaralam menjadikan Kabupaten Lahat, kota yang strategis untuk di jadikan tempat berkunjung.

Selain bukit telunjuk yang menjadi icon kota Lahat, terdapat destinasi wisata yang sudah terkenal secara luas. Mulai dari Bukit Besak yang menjadi wisata alam hingga Citimall yang menjadi destinasi wisata belanja dan hiburan yang ada di Kabupaten Lahat.

Kabupaten Lahat yang juga di kenal sebagai Kota Seribu Megalit dan 100 air terjun ini mempunyai Grand Canyon yang ada di Desa Pulau Pinang Kecamatan Pulau Pinang. Meski pun sudah beberapa tahun ini di buka, para pengunjung tetap bertadangan ke lokasi wisata alam tersebut.

Dengan membayar uang parkir 10 ribu per kendaraan dan uang masuk 3 ribu per orang, para pengunjung dapat dengan puas mandi, berendam dan menikmati suasana alam yang ada di grand canyon dengan mengajak keluarga atau kebarabatnya.

Pemandangan grand canyon Kabupaten Lahat tak kalah dengan grand canyon yang ada di negara luar. Dengan jarak sekitar 30 KM dari Kota Lahat atau tidak sampai satu jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan, destinasi wisata ini menjadi destinasi wisata favorit masyarakat yang ada di Kabupaten Lahat.

Hal tersebut dapat dilihat dari amino masyarakat yang datang kesana yang hampir tiap hari. Meski pun memang, hari libur, seperti saat hari raya dan libur panjang, lokasi tersebut ramai dikunjungi masyarakat lokal mau pun luar Kota Lahat.

“Biasanya ramai di hari hari libur, apalagi saat lebaran. Yang datang pun tak hanya dari Lahat namun juga dari Palembang, Pali, Jakarta hingga Bandung dan kota kota lainnya,” ujar salah satu pedagang di lokasi Grand Canyon, Mina.

Hal yang utama menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke grand canyon adalah lokasinya mudah di jangkau, pemandangannya yang masih asri, serta aliran air dari sungai ayek lim yang tenang dan jernih.

Saat musim kemarau seperti sekarang, aliran sungai di grand canyon menyurut, tak heran banyak anak anak kecil yang turut di bawa oleh keluarganya untuk mandi disana karena aman bagi anak anak.

Selain itu, lokasi tersebut juga berdampingan dengan air terjun curup panjang yang juga menjadi daya tarik masyarakat selain sarana dan prasarana yang ada di area wisata senantiasa di dukung oleh Pemerintah Desa setempat.

“Saya baru pertama kali kesini, airnya seger pemandangannya asli dan tentu, saya pengen ngulang lagi kesini, meski pun akses jalannya tak sampai ke lokasi, namun itu tak masalah karena ada ojek yang siap antar hingga ke tempat parkiran,” kata Tin wisatawan dari Pelembang.

Dengan sarana yang lengkap dan memadai, seperti akses jalan yang sudah di bangun, adanya kamar mandi. Tempat wisata ini juga menyediakan pernak pernik oleh oleh khas Kecamatan Pulau Pinang yang bisa di beli pengunjung untuk di bawa pulang.

Sementara itu, salah satu pegiat wisata, Agung mengajak masyarakat luar Kota Lahat untuk datang ke Kabupaten Lahat untuk mencoba grand canyon ala Kabupaten Lahat. “Dengan banyaknya wisata alam yang ada di Kabupaten Lahat, kami jamin kalian tidak akan menyesal datang ke bumi seganti setungguan,” tuturnya.

Senada, Kepala Desa (Kades) Pulau Pinang, Samsiwan mengatakan bahwa dengan adanya grand canyon di Desa Pulau Pinang memberikan dampak yang luar biasa bagi masyarakat Desa Pulau Pinang, karena masyarakat dapat mata pencarian baru, seperti berjualan, parkir dan ojek di area wisata.

“Tidak bisa kita pungkiri, bahwa dengan adanya Grand Canyon di desa kami, Desa Pulau Pinang khususnya Kabupaten Lahat kian di kenal masyarakat luar, terlebih sudah beberapa kali lokasi grand canyon masuk ke acara televisi bertemakan wisata,” katanya.

Kendati demikian, Samsiwan berkomitmen agar destinasi wisata grand canyon ini akan selalu ditingkatkan, mulai dari segi sarana dan prasarana hingga pelayanan ke para pengunjung, sehingga para pengunjung tak pernah bosan untuk berkunjung kesana.

“Dengan adanya dana desa, kami dapat mengembangkan grand canyon sebagai BUMDes, agar senantiasa konsisten kedepan dan tetap menjadi wisata favorit di Kabupaten Lahat. Karena itu, kami minta dukungan masyarakat desa, serta pemerintah daerah untuk mewujudkan hal ini” tandasnya.

Selain grand canyon, masih ada lokasi wisata lain yang tak kalah eksotis seperti grand canyon, seperti Air Terjun Curup Maung dan Water Blue, namun karena lokasinya yang cukup jauh dari Kota, sehingga destinasi wisata tersebut tak seramai Grand Canyon.

Karena itu, mari kita sama sama kita perkenalkan Kabupaten Lahat yang keren dengan wisatanya dan yang ramah dengan masyarakat pendatang. Dengan rutin memposting lokasi wisata kita ke sosial media. (Ir22)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN

LAHAT - Rabu, 27-Maret-2024 - 17:54

Guru Penggerak Terus Bertambah 

selengkapnya..

PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater