PISPEKA AJAK WARGA PENUHI 12 INDIKATOR SEHAT

Sabtu, 14-September-2019, 19:10


LAHAT ONLINE, JARAI – Demi menjamin masyarakat agar tetap sehat, Puskesmas Jarai menjalankan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (Pispeka), degan cara melakukan survei kerumah warga secara langsung.

Ketua Program Pispeka Puskesmas Jarai Rasnili Am Kep mengatakan, bahwa pihaknya melaksanakan survei tersebut, mengisi kuisoner yang ada melalui wawancara kepada warga.

“Kami datang kerumah warga, kemudian melakukan wawancara dari kuisoner yang telah disediakan. Hal itu untuk mengetahui kesehatan masing masing keluarga,” kata dia, Sabtu (14/09).

Lanjut dia, tujuan program tersebut, yakni mewujudkan 12 indikator sehat, yang menjadi syarat keluarga bisa dikatakan sehat.

“Indikator sehat itu sendiri, merupakan indikasi yang menjurus kepada kesehatan. Oleh karena itu, apabila salah satu indikator belum terpenuhi, seperti keluarga masih ada dalam merokok, berarti salah satu indikatornya tidak terpenuhi, sehingga dampak dari rokok dapat menyebar, bukan hanya pada perokok aktif, melainkan perokok pasif, atau orang disekitar perokok, yang tidak merokok, dan ikut mengisap asap rokok,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Jarai dr Icah Paramitri menuturkan, bahwa Pispeka ini nanti, bukan hanya dapat data keluarga sehat atau belum sehat sesuai indikator, melainkan banyak hal yang memungkinkan mendapat rujukan dari Pispeka.

“Bisa jadi, dengan survei kita data keluarga yang belum sehat dan sudah sehat sesuai indikator, sehat disini dalam artian sesuai indikator sehat yang ada dal survei Pispeka. Nah, kita juga akan tahu data keluarga yang kurang mampu dan miskin, karena surveinya secara langsung dan menyeluruh, bukan diambil sampel,” terangnya. (rpw).

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN

LAHAT - Rabu, 27-Maret-2024 - 17:54

Guru Penggerak Terus Bertambah 

selengkapnya..

PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater