Bangun Rumah, Ibu Ibu Desa Pagar Batu Angkut Bata

Senin, 9-September-2019, 18:06


LAHAT ONLINE, Pagar Batu – Lokasi Desa Pagar Batu yang hanya mengandalkan jembatan gantung sebagai akses masuk menuju desa menjadi berkah tersendiri bagi masyarakat sekitar.

Betapa tidak, setiap ada bangunan di desa tersebut, beberapa masyarakat, termasud ibu ibu beralih profesi jadi buruh angkut material, karena mobil pengangkut material hanya mengantar sampai pangkal jembatan.

“Dengan menggunakan kinjar dan sorong, ibu ibu desa kita mengangkut material, seperti batu bata, mulai dari pangkal jembatan gantung hingga sampai ke rumah yang hendak di bangun,” ujar TP PKK Desa Pagar Batu, Susiani.

Menurutnya hal ini sudah berlangsung sejak dulu, karena memang tidak mungkin mobil pengangkut material sampai ke seberang desa dengan menyebrangi jembatan gantung yang hanya dapat dilintasi sepeda motor.

“Mereka di upah Rp 200 per bata dan tak hanya ibu ibu, kaum pria bahkan anak anak turut serta menjadi upah angkut material. Selain menggunakan tenaga manusia, material seperti pasir dan batu juga di angkut dengan sepeda motor,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Pagar Batu, Sepriadi menegaskan para buruh angkut material tersebut tak hanya mencari upah, melainkan ada jiwa sosial yang tumbuh antar masyarakat desa.

“Jiwa gotong royong desa kita masih ada, meski pun di upah, mereka juga peduli terhadap tetangga. Kami berharap suasana seperti ini dapat terus terjalin,” katanya. (Ir22)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater