AKN Lahat Siap Bertransformasi Menjadi PSDKU FT UNP Lahat

Sabtu, 7-September-2019, 13:24


Lahat, lahatonline.com – Pasca aksi para alumni dan mahasiswa AKN Lahat atas belum masuknya data para alumni di Pangkalan Data Forlap Dikti dan setopnya penerimaan mahasiswa baru AKN Lahat untuk Angkatan ke 6 tahun ajaran 2019-2020 pada Senin, 19/08/2019 lalu mendapat perhatian cepat dari Bupati dan tim pengelola PDD FT UNP AKN Lahat. Atas intruksi Bupati, Pemkab Lahat dan pengelola AKN Lahat melakukan kajian internal untuk persiapan pengalihan PDD menjadi PSDKU di gedung Pemda Lahat.

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Tinggi bahwa rintisan AKN (Akademi Komunitas Negeri) seluruh Indonesia termasuk AKN Lahat yang dibina melalui Program Diluar Domisili Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang (PDD FT UNP) tidak mendapatkan dana APBN lagi. Oleh karena itu setiap masing-masing rintisan AKN seluruh daerah dapat melanjutkan menjadi satker mandiri dengan dana Pemda.

Kemenristekdikti memberikan jalan alternatif untuk mempercepat berdirinya kampus negeri disetiap daerah yang ada rintisan AKN dengan mengeluarkan Kepmenristekdikti No. 1 Tahun 2017 Tentang Pembukaan, Perubahan, dan Penutupan Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU). Program PDD rintisan AKN dengan Prodi Diploma 2 dapat dirubah menjadi PSDKU dengan Prodi Diploma 3 dan Sarjana Terapan dengan syarat memenuhi Standar Nasional Dikti dan memenuhi syarat yang ditetapkan. Menyikapi hal tersebut rektor UNP mengeluarkan surat dan akan mengurus izin pembukaan PSDKU yang dibinanya yaitu AKN Lahat, Padang Pariaman, dan Sawahlunto.

Kajian yang dihadiri oleh Asisten 1, Sekda, Dinas Pendidikan, Bapeda, Koordinator AKN Lahat, Perwakilan Mahasiswa AKN Lahat, Perwakilan Alumni ( Mahasiswa Program Transfer D2-S1), dan Alumni AKN Lahat. Mendapatkan hasil bahwa Pemda Lahat sepakat dan mendukung pengalihan PDD FT UNP menjadi PSDKU FT UNP dan siap memfasilitasi untuk akomodasi pembukaan PSDKU. Untuk proses selanjutnya dibentuk Tim Kajian yang bertugas untuk mengkaji dan mengurus proses selanjutnya.

Melihat potensi dan animo masyarakat mereka optimis karena dalam program vokasi yang akan dibuka sesuai dengan SDA yang ada di Lahat dari catatan perjalanan rintisan AKN Lahat. Untuk PSDKU nantinya direncanakan dibuka 4 jurusan yaitu:
1. Prodi D3 Teknik Pertambangan,
2. Prodi D3 Teknik Operator dan Perawatan Alat Berat,
3. Prodi D3 Teknik Elektro, dan
4. Prodi D4 Teknik Elektro.

“Untuk mengkaji lebih dalam untuk persiapan pengalihan PDD menjadi PSDKU, baiknya Lahat melakukan kerjasama atau MOU terlebih dahulu kepada pihak UNP walaupun Pemda Lahat siap untuk memfasilitas sarana dan prasarana, dana, SDM, dan calon mahasiswa. Namun perlu kontrak yang jelas bagian masing-masing antara UNP dan Lahat, sebab jika kita lihat pada Kepmenristekdikti No. 1 Tahun 2017 pasal 6 pengelolaan PSDKU langsung dan atas hak milik UNP nantinya dan menjadi rencana strategis Perguruan Tinggi yang akan membuka PSDKU. Selain itu, walaupun dalam perjalanan AKN dibina UNP berdasarkan pasal 6 ayat 2(c) untuk membuka PSDKU di Lahat UNP nanti juga harus bekerja sama dengan PTN atau PTS yang ada didalam provinsi letak PSDKU,” ujar Armando, (Sabtu, 07/09/2019) selaku perwakilan alumni AKN yang saat ini transfer program D2 ke S1 di Padang.

Kemudian untuk masalah data alumni dan mahasiswa yang belum terdaftar di forlap dikti Bapak Abdurahman selaku koordinator AKN Lahat menerangkan dari informasi yang didapatkan melalui Penanggung jawab PDD FT UNP yaitu Bapak Bambang Hariyadi, bahwa data sudah dikirim oleh pihak UNP ke admin forlap Dikti dan tinggal menunggu penginputan ke server.

Menanggapi penyampaian dari Bapak Adurahman, Bapak Sutoko selaku penanggung jawab AKN Lahat yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kab. Lahat mengungkapkan, “melanjuti masalah data di Forlap Dikti, untuk mempercepat proses dan secara resmi kita buatkan surat dan disampaikan langsung kepada rektor UNP tanpa melalui pihak-pihak lain yang bersangkutan dan ditanda tangani Bupati. Agar lebih resmi bahwa kita menginginkan data tersebut dapat segera diselesaikan.

Tidak tanggung-tanggung untuk mewujudkan cita-cita leluhur Lahat untuk mendirikan Perguruan Tinggi Negeri di bumi Seganti Setungguan, Pemda Lahat menyiapkan dana 24 Miliyar lebih untuk pembukaan PSDKU yang akan dialokasikan untuk sarana dan prasarana, SDM, dan lain-lain.
Diharapkan dengan dibentuknya PSDKU dapat sesuai dengan harapan dan cepat mandiri agar terbentuk Universitas Negeri Lahat dari Program PSDKU.

(Aan LO)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

MULAK SEBINGKAI - Selasa, 24-Mei-2022 - 23:56

TAMADIN, KADES KEBAN AGUNG BANGUN BALAI POSYANDU

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

MERAPI SELATAN - Senin, 23-Mei-2022 - 20:53

Jalan Merapi Selatan Akan Diperbaiki ?

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater