KADES DI KAB. LAHAT STUDY BANDING BUMDes DI DESA PONGGOK

Kamis, 29-Agustus-2019, 13:42


LAHAT ONLINE, Ponggok- Dalam rangka meningkatkan kemampuan, pengetahuan dan wawasan dalam pengelolaan BUMDes, para Kepala Desa di kabupaten Lahat lakukan kunjungan kerja atau studi banding di Desa Ponggok Kecamatan Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Kamis ( 29/08/19)

Rombongan Kades didampingi Oleh Camat Lahat dan dari Dinas PMD ( Pemberdayaan Masyarakat Desa ) diterima oleh Kepala Desa Ponggok beserta unsur Pemerintah Desa setempat di Gedung pertemuan Balai Desa Ponggok.

“Kami melakukan studi banding ke Desa Ponggok ini, karna Desa ini sudah terkenal dan sering di kunjungi oleh Para Pejabat Negara seperti Menteri,” ungkap Kepala Dinas PMD.

Ia menjelaskan, Desa Ponggok sendiri merupakan desa yang patut di jadikan rujukan di Indonesia. Sebab mampu mengembangkan potensi daerah melalui pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Di Ponggok, lanjut dia, masyarakatnya mampu memanfaatkan potensi daerah secara bersama-sama, seperti bagaimana cara mengelola air yang baik, beternak susu, menglola biogas, petani sayur maupun pedagang.

Fauzan juga menyampaikan tujuan dilakukannya kunjungan kerja ini untuk mengetahui pengelolaan keuangan daerah, Peraturan Daerah (Perda dan Perbub) yang mengatur tentang desa dan selain itu juga ingin mengetahui Sistem Pengelolaan BUMDes yang ada di kabupaten . Sehingga dirinya mengharapkan setelah melakukan kunjungan ini bisa membuat semangat para kepala desa di Kabupaten Lahat untuk mengembangkan potensi yang ada di Lahat sendiri.

“Setelah berkunjung ke Ponggok ini, kami berharap nantinya kepala desa bisa membuat inovasi- inovasi baru lagi dalam pengelolan BUMDes, seperti yang sudah ada saat ini di Ponggok, bagaimana cara pengelolaan air yang baik dan juga mungkin bisa menghasilkan pedaging ternak, karena Ponggok juga sudah terkenal dengan ternak sapinya”. harapnya.

(Dias)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater