PEGAWAI PUSKESMAS SUKARAMI KROSCEK STUNTING ANAK DI 15 DESA

Selasa, 27-Agustus-2019, 16:40


LAHAT ONLINE, Muara Tandi – Stunting adalah kondisi yang ditandai tinggi badan anak kurang dari tinggi badan normal pada usianya. Stunting merupakan masalah gizi yang berkaitan erat dengan pertumbuhan dan perkembangan buah hati. Stunting mencerminkan kondisi kekurangan gizi kronis yang biasanya mengganggu pertumbuhan dan perkembangan buah hati.

Kondisi kekurangan gizi kronis menyebabkan lambatnya perkembangan otak dan berkurangnya kemampuan belajar bayi. Stunting yang tidak ditangani dengan tepat dapat berisiko menyebabkan diabetes, hipertensi, dan obesitas pada anak di masa depan.

Stunting dan gizi buruk adalah dua hal berbeda, Bun. Dampak kurang gizi kronis tidak bisa diperbaiki dan bisa terlihat dari tumbuh kembang buah hati yang terhambat.

Seperti yang dikatakan oleh KUPT Puskesmas Sukarami Kecamatan Gumay Talang Anak dikatakan mengalami stunting jika pada usia 0-59 bulan memiliki tinggi badan di bawah minus dua standar deviasi (pengerdilan moderat dan berat) dan minus tiga standar deviasi (stunting berat) dari median Standar Pertumbuhan Anak WHO. Sederhananya, buah hati yang mengalami stunting mengalami defisit tinggi badan sekitar 10,4 cm untuk perempuan, dan 13,6 untuk laki – laki.

Misalnya, anak berusia 2-5 tahun dengan tinggi badan 120 cm, berat badan yang ideal adalah 23-25 kg. Seorang anak dikatakan stunting jika berat badannya hanya 19-20 kg dengan tinggi yang sama.

Mengatasi demikian, kami turun kelapangan langsung untuk memvailidkan data kami supaya kelak tidak ada kerancuan, ada 15 desa dan baeu 5 desa yang kita kroscek, dan terdapat 11 anak yang mengalami stunting, rencana minggu depan di 5 desa kembali akan kita cek apakah sama dengan data yang di pusksemas atau tidak, dan jiga data sudah vailid semua, ketika kita di cek oleh pemprov tidak ada lagi kerancuan, sehingga anak yang stunting ini dapat perhatian khusus. Ujar KUPT Puskesmas Sukarami.

(Dias)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater