CAMAT LAHAT SELATAN TINJAU PENGOLAHAN DAUN GENJER

Jumat, 9-Agustus-2019, 18:50


LAHAT ONLINE, Nantal – Genjer adalah sayuran khas pribumi asli Indonesia yang begitu ndeso, dahulu zaman penjajah sebagai gulai yang tiada nilai sama sekali. Diera Internet saat ini Genjer mulai diangkat dipermukaan dan mempunyai nilai ekonomis. Seperti halnya di Desa Nantal Kecamatan Lahat Selatan, sayur genjer secara kebetulan Desa Nantal Sentra Genjer mencapai 3000 ikat setiap hari bahkan sudah dibudidaya Hal ini dibuktikan oleh ny Inama ketua TP PKK Desa Nantal bersama anggota PKK didesanya.

Berawal dari suaminya Kusen Kades Nantal yang doyan makan keripik Bayam, dari situlah ide membuat keripik genjer pada tahun 2018 dan saat kedatangan KKN Mahasiswa UNSRI Palembang tahun 2019 ternyata genjer sebagai pewarna. Menurut Ny Inama Keripik Genjer sudah dipesan sampai ke Bandung Jabar, bila mau memesan Keripik Genjer dan mie basah datang langsung ke Desa Nantal atau Kampung KB Genjer.

Jumat (8/8) Camat Lahat Selatan H.Budi Utama SIP, Suladarman Sekcam, Itang Subandi Kasi Kesos dan Tim DPMD diketuai Elis Suryati Kabid Pengembangan UMM dan Kerjasama Desa mengunjungi Desa Nantal melihat langsung proses pembuatan keripik daun genjer dan mie basah dari genjer.

Camat berharap produk Desa dapat dikembangkang dan diproduksi secara masal karena bahan baku genjer dibudidayakan di Nantal, namun hal ini perlu pembinaan dari Disperindag, Kecamatan Lahat Selatan untuk membantu pemasaran dan teknologi pembuatan sehingga menghasilkan keripik Genjer yang mempunyai citra rasa yang khas dan higenis dan perlu diurus perizinan dan izin kesehatan peoduk makanan, Insya Allah Produk Genjer dari Nantal akan di tampilkan dalam pameran tehnologi tepat guna pada 22 Agustus mendatang di Kabupaten Banyuasin oleh DPMD Kabupaten Lahat.

(Dias)

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

TANJUNG SAKTI PUMI - Kamis, 22-Agustus-2019 - 18:41

HARGA SELEDRI SEDANG BAGUS, PETANI SUMRINGAH

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

KIKIM TIMUR - Kamis, 22-Agustus-2019 - 18:12

MUSIM KEMARAU GETAH KARET MENIPIS

selengkapnya..

GUMAY ULU - Kamis, 22-Agustus-2019 - 12:48

CAMAT GUMAY ULU KUNJUNGI CUHUP MAUNG

selengkapnya..

KIKIM TIMUR - Kamis, 22-Agustus-2019 - 09:58

EKSTRA PRAMUKA JADI FAVORIT SISWA KIKIM TIMUR

selengkapnya..

LAHAT SELATAN - Rabu, 21-Agustus-2019 - 21:52

Camat Lahat Selatan Minta TP PKK Aktif Dari Bawah

selengkapnya..

LAHAT SELATAN - Rabu, 21-Agustus-2019 - 21:16

Lomba Antar Desa, Perkuat Silaturahmi Antar Desa

selengkapnya..

KIKIM TIMUR - Selasa, 20-Agustus-2019 - 22:25

OMSET PENGERAJIN TRALI BESI MENURUN

selengkapnya..

Jumlah Pengunjung

dgGEREg

Investigasi

Berita Sebelumnya

PanCe

Siape & Tuape

Jajak Pendapat

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater