TANPA PLANG PROYEK, PEMBANGUNAN DANA DESA BANTUNAN DIDUGA ABAIKAN PERPRES

Perpres nomor 54 tahun 2010, 70 tahun 2012 dan UU nomor 14 tahun 2008

Sabtu, 3-Agustus-2019, 19:21


LAHAT ONLINE, BANTUNAN – Pembangunan dana desa berupa Balai Desa Bantunan Kecamatan Pajar Bulan, diduga tidak memasang papan proyek di lokasi pembangunan.

Menurut Irwansyah Sekdes Bantunan, bahwa pembangunan balai desa tersebut sudah mulai pengerjaannya, namun hingga saat ini tak kunjung dipasang papan informasi proyek.

“Iya, sudah mulai dikerjakan. Pembangunannya sudah berjalan dalam beberapa minggu ini. Terlihat para tukang sudah mulai memasang pondasi, berupa tiang bangunan,” kata dia, Sabtu (03/08).

Lanjut dia, pembangunan balai desa tersebut, merupakan pembangunan ulang, yang sebelumnya sudah ada bangunan balai desa yang telah berdiri.

“Dibangun ulang, sebelumnya sudah ada, namun mungkin sudah lama bangunannya,” ujar dia.

Seperti yang diamanatkan Undang Undang (UU) nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), setiap pembangunan yang dibiayai negara, harus menyertakan papan informasi proyek, termasuk dana desa.

Kemudian, peraturan lainnya juga tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54 Tahun 2010 dan Perpres Nomor 70 Tahun 2012. Regulasi ini mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara wajib memasang papan nama proyek.

Papan nama tersebut di antaranya memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontrak serta jangka waktu atau lama pengerjaan proyek. (RPW).

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

KIKIM TIMUR - Senin, 22-Juli-2024 - 21:50

DESA CEMPAKA SAKTI DIBANGUN JALAN COR BETON

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater