Sampah Masih Jadi Persoalan di Kota Peraih Adipura

Selasa, 30-Juli-2019, 13:16


Lahat – Persoalan sampah masih saja menjadi persoalan tidak ada habisnya di Kota Lahat. Padahal sabagai kota yang notabone peraih gelar Adipura, persoalan sampah bukan lagi menjadi persoalan utama.

Seperti pemandangan yang terlihat hari ini, Selasa (30/07/2019) di sepanjang Jalan Letnan Marzuki–Talang Jawa Utara, sampah menggunung di depan Toko Sobat. Mengenaskan lagi, sampah di daerah ini diangkut oleh petugas DLH sekitar pukul 11.00 WIB.

Agus Kurniawan, seorang pelaku usaha mengaku sangat dipusingkan oleh keadaan ini. Menurutnya sangat tidak manusiawi kelakuan orang-orang yang membuang sampah tidak pada tempatnya.

“Sebenarnya permasalahan sampah ini sudah menjadi kesadaran dasar masyarakat. Hanya saja kami khususnya pelaku usaha sangat dirugikan dengan kelakuan masyarakat. Semestinya ada solusi dari pihak terkait untuk mengatasi ini,” ucap Agus Kurniawan.

Sementara itu Lurah Talang Jawa Utara, John Darmawansyah melalui Ketua RW 3, Ghufron, mengatakan akan berkoordinasi dengan pihak RT untuk mencegah kejadian ini agar tidak berulang.

“Sampah di sana diduga bukan dari warga kita. Karena kalau untuk daerah kita sudah ada bentor yang menjemput langsung ke rumah warga. Ke depan kami akan berkoordinasi dengan RT untuk bagaimana menanggulangi masalah ini,” ucap Gufron saat dijumpai di Kantor Lurah.

Sementara itu pihak DLH melalui Bagian Pengelolaan Sampah mengatakan bahwa untuk pengangkutan sampah, memang saat ini pihak DLH terbentur juga oleh Armada.

“Untuk saat ini memang ada jadwal yang membuat pengangkutan sampah jadi agak lebih siang dari biasanya. Seperti di Talang Jawa Utara, tim sampah mengambil dan membuang terlebih dahulu. Baru kemudian mengangkut di daerah Talang Jawa. Hal ini disebabkan armada kita ada 2 yang rusak dan ditambah 1 lagi yang hilang. Pastinya ke depan akan ada solusi terbaik dari kita dan Pemkab Lahat,” ucap Samris selaku Bagian Pengelolaan Sampah DLH Lahat.

(Aan LO)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater