POSBINDU Bangke Layanan Kesehatan Dasar

Rabu, 24-Juli-2019, 13:42


Lahatonline.com, Bangke – Sinergikan kegiatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat tentu menjadi menjadi kewajiban pemerintah hingga tingkat desa. Di desa Bangke, hal ini merupakan salah satu programnya, bekerjasama dengan Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) UPT Kota Agung secara periode melakukan layanan kesehatan dasar di desa ini.

Karena bagi pemerintah desa kesehatan bagi warganya menjadi sebuah hal yang tak dapat dikesampingkan. Seperti yang dituturkan oleh Herli Ketua PKK yang juga menjadi kader Poswindu ini, dia ingin warganya minimal tersentu oleh layanan kesehatan dasar.

“Harus diakui bahwa warga kita memang masih menganggap kesehatan tak menjadi skala prioritas untuk dijaga. Baru saat mereka sakit atau membutuhkan layanan medis tertentu, dirasakan bahwa menjaga kesehatan itu amat perlu,” tuturnya, disela kegiatan, Selasa (24/7).

Setiap jadwal Posbindu akan dilakukan kegiatan pengecekan kesehatan, layanan balita, bumil, lansia serta konsultasi kesehata gratis. Bila memang dirasa warga ada yang membutuhkan layanan lebih lanjut akan diarahkan ke PKM Kota Agung sebagai fasilitas pertama di daerah ini.

“Syukurnya, kini kesadaran itu pelahan terus bertambah di lingkungan warga kita, dan kalau memang dirasa perlu kita akan tingkatkan program yang ada didesa,” lanjut Herli.

Dia juga berharap, status Postu yang ada di daerah ini bisa ditingkatkan. Mengingat secara geografi desa Bangke dan sekitarnya masih jauh dari ibukota kecamatan, untuk kesana warga harus menempuh perjalanan belasan kilometer.

Dipihak lain, pihak Kepala PKM Kota Agung Achmad Fuad SKM melalui koordinator lapangan, Suharman menambahkan, Poswindu menjadi program sinergi antara pemerintah desa Bangke dan PKM Kota Agung.

“Kami singkronkan program PKM dengan desa, biar ada nilai tambah dari pelayanam yang ada. Selain untuk kian mendekatkan yankes kepada masyarakat,” tambahnya.

Menariknya kegiatan dilakukan dibalai desa yang belum lama dibangun dengan Dana Desa (DD). Warga secara bergantian mendapatkan layanan yang ada, bahkan balita pun mendapatkan makanan tambahan secara cuma – cuma. (*)

Rep : Indi | Red : Indi

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater