ADAKAH BIAYA PENDAFTARAN JADI CAKADES ? posting

INI PENJELASANNYA

Kamis, 18-Juli-2019, 19:31


LAHAT ONLINE, PAJAR BULAN – Pemilihan Kades serentak se Kabupaten Lahat akan segera di gelar, beberapa pemerintah di kecamatan sudah mulai menginstruksikan untuk membentuk kepanitiaan.

Camat Pajar Bulan Sarmisi SE melalui Sekcam Alvika Irnan Sahputra ST MM mengatakan, bahwa bagi calon Kades dalam Pemilihan Kades (Pilkades), bisa saja memberikan bantuan uang, namun tidak ada ketentuan ada biaya administrasi.

“Biaya administrasi pendaftaran, untuk mendaftarkan diri sebagai Kades itu tidak ada dasar hukumnya. Namun bukan berarti tidak boleh,” kata dia, Kamis (18/07).

Lanjut dia, panitia Pilkades bisa melakukan musyawarah kepada semua pihak dalam hal ini. Apabila mendapatkan persetujuan, dengan alasan jelas, bahwa Calon Kades (Cakades) memberikan sumbangan untuk penyelenggaraan Pilkades.

“Kalau ada kesepakatan, dari semua pihak, bisa saja. Namun bentuknya sumbangan ya, bukan uang administrasi, atau uang pendaftaran. Karena apabila salah kafrah, bisa jadi unsur Pungli,” ujar dia.

Alvika menambahkan, bahwa menyikapi hal itu, pihak DPMD Lahat memang menyiapkan beberapa hak dalam membantu melancarkan jalannya Pilkades.

“Ada bantuan dari Pemda melalui DPMD, termasuk bantuan surat suara. Yang perlu diketahui, ada bantuan, namun apabila dirasa kurang, karena jalannya Pilkades pasti ada kepanitiaan, perlu makan, perlu honor dan lain sebagainya, itu harus di diskusikan, dan di kpmunikasinya secara matang kepada semua pihak, agar tidak termasuk unsur Pungli,” ungkapnya. (RPW).

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

TANJUNG SAKTI PUMI - Kamis, 22-Agustus-2019 - 18:41

HARGA SELEDRI SEDANG BAGUS, PETANI SUMRINGAH

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

KIKIM TIMUR - Kamis, 22-Agustus-2019 - 18:12

MUSIM KEMARAU GETAH KARET MENIPIS

selengkapnya..

GUMAY ULU - Kamis, 22-Agustus-2019 - 12:48

CAMAT GUMAY ULU KUNJUNGI CUHUP MAUNG

selengkapnya..

KIKIM TIMUR - Kamis, 22-Agustus-2019 - 09:58

EKSTRA PRAMUKA JADI FAVORIT SISWA KIKIM TIMUR

selengkapnya..

LAHAT SELATAN - Rabu, 21-Agustus-2019 - 21:52

Camat Lahat Selatan Minta TP PKK Aktif Dari Bawah

selengkapnya..

LAHAT SELATAN - Rabu, 21-Agustus-2019 - 21:16

Lomba Antar Desa, Perkuat Silaturahmi Antar Desa

selengkapnya..

KIKIM TIMUR - Selasa, 20-Agustus-2019 - 22:25

OMSET PENGERAJIN TRALI BESI MENURUN

selengkapnya..

Jumlah Pengunjung

dgGEREg

Investigasi

Berita Sebelumnya

PanCe

Siape & Tuape

Jajak Pendapat

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater