Terobosan Baru, Lapas Lahat Kelola Ternak Jangkrik

Kamis, 18-Juli-2019, 15:36


LAHAT ONLINE, Lahat – Kasi Tenaga Kerja Lapas Klas II A Lahat, Makruf mengatakan saat ini pihaknya tengah mengembangkan budidaya jangkrik.

“Bibit jangkrik kami beli dari Surabaya dan sekarang tengah berkembang, mungkin dalam waktu dekat jangkrik jangkrik ini siap panen,” ujarnya.

Lebih lanjut, budidaya jangkrik ini merupakan terobosan terbaru dari Kegiatan Kerja yang ada di Lapas Klas II A Lahat. “Kami memilih budidaya jangkrik ini karena terbilang cukup mudah dan hasilnya nanti cukup menjanjikan,” tandasnya.

Sementara itu, Kasubseksi Bimbingan Kerja dan Pengelolaan Hasil Kerja, Abdum Nizar SE mengatakan untuk pelemparan hasil panen jangkrik sudah ada.

“Insyaallah nanti kalau sudah panen akan kita kirim ke Lapas Lubuk Linggau, karena disana sudah terlebih dahulu menerapkan pengelolaan jangkrik dan sudah banyak konsumen,” katanya.

Kendati demikian, untuk panen pertama ini, Nizar menuturkan tidak akan menjual hasil panen jangkrik secara menyeluruh. “Tentu hanya sebagian yang di jual, sebagian lagi akan kita budidayakan kembali sehingga budidaya jangkrik ini dapat bertahan dalam jangka panjang,” tambahnya.

Saat ini, di ruang kegiatan kerja Lapas Klas II A Lahat baru memiliki 2 tempat budidaya jangkrik dan untuk menjual secara masif membutuhkan setidaknya 10 tempat budidaya jangkrik.

“Jika nanti maju, tentu tempat budidaya jangkrik ini akan kita tambah. Dengan demikian, nanti kita juga dapat menjual di pasar Lahat,” pungkasnya. (Ir22)

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

TANJUNG SAKTI PUMI - Kamis, 22-Agustus-2019 - 18:41

HARGA SELEDRI SEDANG BAGUS, PETANI SUMRINGAH

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

KIKIM TIMUR - Kamis, 22-Agustus-2019 - 18:12

MUSIM KEMARAU GETAH KARET MENIPIS

selengkapnya..

GUMAY ULU - Kamis, 22-Agustus-2019 - 12:48

CAMAT GUMAY ULU KUNJUNGI CUHUP MAUNG

selengkapnya..

KIKIM TIMUR - Kamis, 22-Agustus-2019 - 09:58

EKSTRA PRAMUKA JADI FAVORIT SISWA KIKIM TIMUR

selengkapnya..

LAHAT SELATAN - Rabu, 21-Agustus-2019 - 21:52

Camat Lahat Selatan Minta TP PKK Aktif Dari Bawah

selengkapnya..

LAHAT SELATAN - Rabu, 21-Agustus-2019 - 21:16

Lomba Antar Desa, Perkuat Silaturahmi Antar Desa

selengkapnya..

KIKIM TIMUR - Selasa, 20-Agustus-2019 - 22:25

OMSET PENGERAJIN TRALI BESI MENURUN

selengkapnya..

Jumlah Pengunjung

dgGEREg

Investigasi

Berita Sebelumnya

PanCe

Siape & Tuape

Jajak Pendapat

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater