Jadikan Pohon di Kebun Untuk Membuat Papan

Rabu, 10-Juli-2019, 13:58


LAHAT ONLINE, Muara Danau – Dalam membangun rumah, kebanyakan masyarakat yang ada di wilayah Kikim Area memanfaatkan pohon pohon yang ada di kebun mereka untuk dijadikan papan.

Salah satu masyarakat yang membangun rumah dengan menggunakan pohon dari kebun, Adi (52) mengaku ia cukup meminjam gergaji mesin (senso) untuk menebang dan mengges pohon agar menjadi papan dan tiang.

“Sekarang kami menggunakan pohon durian yang tak lagi berbuah untuk dijadikan papan. Kualitasnya lumayan bagus untuk dijadikan bahan membangun rumah,” katanya.

Menggunakan kayu dari kebun masyarakat itu sendiri tentu lebih ekonomis ketimbang membeli di panglong sehingga wajar masyarakat lebih memilih menggunakan batang di kebun mereka untuk dijadikan papan.

Sementara itu, Camat Kikim Timur, Pebroni SE di damping Kapolsek Kikim Timur, Iptu Samsuardi tidak melarang aktivitas penebangan kayu di kebun masyarakat, selama tidak mengganggu dan mengancam terjadinya bencana.

“Jika menggunakan pohon dari kebun mereka sendiri kami persilakan, jangan saja mereka mengambil kayu dari pohon yang ada di hutan, apalagi hutan lindung. Jelas jika hal tersebut dilakukan, pidana menanti mereka,” katanya. (Ir22)

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

Jumlah Pengunjung

dgGEREg

Investigasi

Berita Sebelumnya

PanCe

Siape & Tuape

Jajak Pendapat

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater