TIDAK ADA LISTRIK, WARGA INI GUNAKAN PANEL SURYA

Kamis, 27-Juni-2019, 20:09


TALANG PADANG TINGGI – Warga di Talang Sekendal Desa Talang Padang Tinggi Kecamatan Pajar Bulan, menggunakan panel surya, lantaran di sana belum tersedia listrik.

Menurut David Amral salah seorang warga, bahwa pihaknya terpaksa menggunakan panel surya, untuk penerangan pada malam hari.

“Cuma bisa pakai lampu pijar, dan nge charge HP saja, kalau yang lain tidak bisa. Karena panel yang dipakai yang kecil. Mengisi daya HP pun hanya bisa yang tipe tertentu, bukan android,” kata dia, Rabu (27/06).

Lanjut dia, sebagian besar warga disana menggunakan panel surya, untuk penerangan pada malam hari. Namun, sungguh terbatas.

“Terbatas, sebab daya yang ditampung tidak besar. Lampu juga paling satu saja. Sebenarnya listrik sudah masuk ke Talang Tampaan, namun disini belum sampai, kami berharap bisa sampai kesini,” ungkap dia.

Sementara itu, Sasna warga lainnya mengaku, bahwa listrik menjadi kebutuhan pokok, sebab diperlukan untuk mengisi daya tangki semprot untuk menyemprot gulma.

“Kalau pakai tangki semprot baterai, harus di charge, panel surya tidak sanggup. Begitupun dengan HP, harus hemat daya, karena HP tipe rendah pun, tetap saja lama di isi,” ujar dia. (RPW).

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater