PANEN PADI HAMPIR TIDAK MEMUASKAN IRIGASI SUNGAI PENGHAMBAT PETANI

Kamis, 27-Juni-2019, 19:48


SIRAPULAU – Salah satu masyarakat desa Sira pulau rudi mengatakan, panen yang dilaksanakan tahun ini, berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya. Sebab panen pada kali ini, para petani masih mengunakan alat panen padi secara taradisonal, untuk itu kedepannya pemerintah desa akan mengusahakan untuk kedepannya mengusulkan untuk alat bantu panen masyarakat agar lebih mudah dan lebih cepat.

Panen kali ini cukup berhasil, hal itu dilihat dari hasil pertanian para petani yang rata – rata mencapai 7 – 8 ton per hektarnya.

Namun demikian, untuk lebih memaksimalkan hasil pertanian, mengharapkan agar pemerintah daerah dapat membangun irigasi untuk mengairi sawah petani.dan meberikan alat bantu panen padi” tururnya, Kamis (27/6).

Lanjutnya Karena hingga saat ini, dalam proses tanam padi, kami hanya mengandalkan air hujan sebagai pengairan. Jika ada irigasi yang lebih baik di wilayah ini, maka pelaksanaan pertanian akan lebih baik dan maksimal, pangkasnya.

Sementara itu menurut salah satu petani sodija mengatakan , selain mengharapkan adanya pembangunan irigasi, para petani juga mengharapkan kepada pemerintah agar turut memperhatikan keluhan para petani, seperti serangan hama tikus.

“Untuk memaksimal hasil panen para petani, pada tahun 2019 ini, kami mengadalakan aliran sungai lingsing dan tetapi irigasi yang belum sesuai dengan apa yang diinginkan karna luas wilayah persawahan warga sangat luas untuk desa padang arang sendiri karna masyarakat kebanyakan bersawah” tuturnya (Ap)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater