WARGA MUARA DANAU ANGKUT TBS DENGAN LANTING

Rabu, 26-Juni-2019, 18:46


MUARA DANAU – Lanting (perahu) merupakan satu-satunya sarana untuk bisa mengangkut hasil komoditi petani dari untuk diangkut ke tepian aliran sungai.Kepala desa Muara danau Dahri Iskandar mengatakan angkutan lanting cukup vital agar produksi petani seperti Tandan Buah Segar (TBS) sawit bisa terangkut dari lokasi.

“Kondisi tersebut sudah berlangsung sekitar 30 tahun, masalahnya akses jalan sehingga kendaraan roda empat tak bisa masuk ke lokasi yang berada dipinggiran sungai saling “katanya. Rabu(26/6).

Tambahnya Setiap musim panen sawit. Lebih daulu diangkat dan dipindahkan dari kebun ke pinggiran sungai, dari situ TBS dimuat dan diangkut lanting , lalu dibongkar lagi di tangkahan dan diangkat lagi ke tepi jalan untuk dimuat atau dipindahkan ke angkutan kendaraan roda empat.

“Tidak mengherankan akibat susahnya proses memanen mengangkut sampai menjual TBS itu menjadikan nilai jual produksi TBS petani dan komoditi lainnya menurun sekaligus mengurangi pendapatan petani,”pangkasnya
sementara itu toke sawit darmo mengatakan perbedaan nilai harga jual TBS dari lokasi yang terisolir itu dengan petani yang berlokasi dekat dengan ruas jalan cukup mencolok mencapai selisih sebesar lima ratus rupiah
“Syukur kalau harga nilai jual TBS diatas Rp 1200, masih ada sisa penjualan hasil panen sawit diangka Rp 700 bagaimana kalau harga jual TBS diangka Rp 600 atau Rp 700 seperti tahun 2016 lalu terpaksa petani urungkan niat untuk memanen TBS dari kebunnya,”katanya.(Ap)

 

 

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN

GUMAY TALANG - Jumat, 26-Mei-2023 - 16:39

BALAI DESA SUKA MAKMUR DIREHAP 

selengkapnya..

KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater