Surat Terbuka Ade Widia Kepada Calon Relawan KGB ACT Lahat 2019

Teruntuk Peserta OR & VC KGB ACT Lahat 2019

Sabtu, 22-Juni-2019, 04:34


Lahat – Lahat, 22 Juni 2019

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam kemanusian kepada segenap kawan-kawan berjiwa relawan.

Jujur, saya terharu saat melihat list pendaftaran. Puluhan nama telah meyakinkan saya, bahwasanya dalam langkah kebaikan, Tuhan tidak pernah membiarkan bergerak sendirian. Puluhan nama yang saya yakini ke depan akan selalu bergenggam tangan dalam lingkar persaudaraan.

Kawan, mungkin kita berbeda dari orang-orang kebanyakan. Di tengah kompetisi kehidupan, karir yang diperjuangkan, prestasi sekolah yang terus diupayakan, atau bisa jadi saat ini tengah fokus dalam perjodohan–menghalalkan atau dihalalkan, tetapi kita masih menyelipkan sebuah perjuangan yang mungkin bagi orang terdekat kita sebuah keanehan.

Kawan, tahukah kalian, sebenarnya menjadi relawan tidak semudah dan seindah yang kita bayangkan. Akan ada waktu yang tersitakan, akan banyak pikiran yang tersumbangkan, akan banyak tenaga yang terkuraskan, ada zona nyaman terkesampingkan, akan ada mantan… (jika tidak segera dihalalkan) he-he-he.

Kawan, dunia kerelewanan adalah dunia perjuangan tanpa kesudahan. Tidak ada pemberhentian. Sebelum bumi Palestina dimerdekakan, sebelum Somalia, Kenya, Sudan, Nigeria, Yaman terbebas dari kelaparan, sebelum kedzaliman di Syria dilenyapkan, sebelum terhapus kesedihan tetangga di kiri-kanan, sebelum kaum dhuafa terbantukan, sebelum surut bencana-bencana dari kehidupan, sebelum semua itu terselesaikan; kita akan terus bergerak tanpa bayaran, bahkan terkadang rezeki kita sendiri turut disisihkan.

Jika seberat itu perjuangan, lantas apa yang kita cari di jalur kerelawanan?

Tapi percayalah, Kawan! Saat tercetus di hatimu untuk menjadi relawan, itulah pertanda nuranimu diketuk oleh sikap kebaikan. Menjadi relawan adalah pilihan dan Allah telah memanggilmu menjadi orang-orang terdepan tatkala ada isak tangis menanti uluran tangan. Menjadi orang-orang yang siap berkorban demi pahala sebagai imbalan.

Tidak lama lagi kita akan menjalani Volunteer Camp dan Orientasi Relawan. Sebuah pembekalan dasar sebelum berkecimpung di polemik kemanusiaan. Akan ada materi-materi yang harus ditanam dalam ingatan, akan ada seadanya makanan tanpa kemewahan, akan ada kekompakan yang harus ditunjukkan, akan ada keletihan yang musti dikesampingkan, akan ada hukuman bagi yang abai pada kedisiplinan, akan ada yang menutup hidung karena bau badan, akan ada komandan yang terpilihkan, akan ada tim yang difavoritkan, akan ada orang-orang yang berguguran sembari mengangkat tangan; pulang atau dipulangkan sebelum kegiatan dikhatamkan. Bahkan, akan ada yang selama pembekalan, tetapi masih kepikiran pada lenyapnya uang tabungan untuk biaya pendaftaran (teteeeww…).

Namun, saya yakin Kawan. Sebagai orang-orang pilihan. Sebagai orang-orang yang menjadikan Surga sebagai impian. Sebagai orang-orang yang lantaran lillah maka lelah terlipurkan, serupa lantaran pelaminan maka fitnah kejomloan terhapuskan. Saya yakin Kawan, kita semua akan terus berjuang di jalan kemanusiaan, mengepalkan tangan dengan teriakan takbir tak henti dilantunkan.
Allahu Akbar! Allahu Akbar! Allahu Akbar!

Di akhir surat terbuka ini tidak lupa saya ingatkan kepada kawan-kawan untuk selalu menjaga kesehatan, ulurkan tangan pada yang membutuhkan, shalat jangan ditinggalkan, bersyukur atas nikmat yang didapatkan, kalau ada polisi tidur pelankan kendaraan (apalagi kalau polisinya sudah berpangkat atasan), terus doa dan ikhtiar untuk menghalalkan, ingat jadwal 6-7 Juli yang telah ditentukan. Ditunggu uang pendaftaran! (Teteeew…).

Pastinya, jangan lupa, bahagia senantiasa disertakan dalam kehidupan. Meski tak punya bunga, meski tak punya harta, yang kita punya hanyalah hati yang setia, tulus pada derita dan kemalangan. Cinta Luar Biasa jadinya, kan?

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Bendahara KGB ACT Lahat

Ade Widya

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

KIKIM TIMUR - Senin, 22-Juli-2024 - 21:50

DESA CEMPAKA SAKTI DIBANGUN JALAN COR BETON

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater