Pasca Lebaran Dimanfaatkan Sekumpulan ‘Bujang’ Pasar Bawah ‘Njaring di Sungai Lematang

Saturday, 8-June-2019, 12:49


Lahat – Bagi para pemudik saat ini merupakan moment berkemas atau bahkan sebagian mungkin sudah berada di arus balik. Jadwal kerja sudah memanggil para pemudik.

Lantas bagaimana dengan orang di daerah? Aktifitas positif dari para bujangan Kelurahan Pasar Bawah ini mungkin bisa menginspirasi. Dari pada menghabiskan waktu dengan gadget atau dengan jalan-jalan yang berlebihan.

Bercengkrama dengan alam, sembari menggiring jaring di tengah aliran Sungai Lematang. Di pinggir sungai telah membumbung asap dari bara yang sudah disiapkan bersama bumbu yang sudah disiapkan. Sejuknya angin sepoi menambah kesejukan di bawah Pohon Juar.

Begitulah suasana aktifitas sekumpulan bujang Pasar Bawah yang di Kabupaten Lahat dikenal dengan ‘Njaring ini.

Menurut salah seorang dari sekumpulan ini, Bang Ipo, ini merupakan kegiatan rutin mereka setiap pasca Lebaran. Apalagi menurutnya orang Pasar Bawah identik dengan sungai. Jadi bersahabat dengan Sungai Lematang sudah terjalin lama.

“Jadi ‘Njaring ini sudah kebiasaan kami setiap tahun setelah Lebaran. Jadi dapat bernostalgia di tempat yang biasa kami mandi bersama dahulu. Ini kami jadikan moment untuk selalu mengingat bahwa kita punya kenangan yang harus dipertahankan,” cerita Bang Ipo. Sabtu (08/06/2019).

Hermanto (salah satu dari mereka) juga menambahkan, “Manfaat lainnya kita dapat mengisi hari dengan kegiatan positif. Berkawan alam, melupakan gadget, dan mempererat persahabatan,”.

(Aan LO)

 

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI

KOTA AGUNG - Monday, 28-November-2022 - 19:53

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater