NCAKAE LAUK NDEK BEBUKE, NOVAN DAN ALVIO NUMBAK IKAN DI KIKIM

Minggu, 19-Mei-2019, 12:41


LUBUK ATUNG – Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, di bulan yang sangat dirahmati Allah ini tak membuat surut manusia untuk beraktifitas, walau kita dalam keadaan berpuasa hendaklah masih melakukan kegiatan sehari – hari.

Adalah dua anak dari Desa Lubuk Atung Kecamatan PSEKSU Kabupaten Lahat yang bernama Alvio kelas 1 Sd dan Novan kelas 6 SD, walau sedang berpuasa di hari Minggu nan cerah ini mereka berdua masih mencari rezeki di Sungai kikim yaitu dengan menombak ikan ( Numbak Ikan diKikim ) sebuah sungai besar yang melewati desanya.

Saat Media ini menyambangi mereka berdua pada 19 Mei 2019 mereka menuturkan jika memperoleh ikan kelak ialah untuk lauk pada saat berbuka puasa nanti.

” ai ame kami didusun ni lah biase ncakae ikan di kikim ni kak, kadangan banyak kami bulih, kadangan dikit, Ujar Alvio dengan bahasa khas daerah Kikim.

Ketika mereka ditanya apakah mereka berpuasa?

” aulah kak rugi mendide puase, empuk puase jangan njadi alasan untuk kite beraktifitas kak, insya Allah empuk kami dang nyelam dide ka teminum ayek Kikim ni ” Kata Novan sambil Tertawa kecil.

Kehidupan anak – anak didesa memang penuh dengan kreatifitas jika pada saat libur sekolah, selain ” Ncakae ikan ” anak – anak didesa Lubuk atung Juga sering membantu orang tua ” Naba Parah” alias motong karet, menjadi kebiasaan sehingga perbuatan seperti ini dapat membantu serta meringankan orang tua. (Dias)

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

KIKIM TIMUR - Jumat, 24-Januari-2020 - 22:52

CAMAT KIKIM TIMUR BUKA MUSDES DESA GELUMBANG

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

MULAK ULU - Jumat, 24-Januari-2020 - 21:46

AIR PUAR BERGEJOLAK PASCA KADES SELINGKUH

selengkapnya..

KIKIM BARAT - Jumat, 24-Januari-2020 - 18:29

JALAN BERLUMPUR PERSULIT WARGA PURNAMA SARI

selengkapnya..

KIKIM TIMUR - Kamis, 23-Januari-2020 - 22:50

Camat Tasti Pumi Bantu Korban Banjir Kikim Timur

selengkapnya..

MULAK ULU - Rabu, 22-Januari-2020 - 19:38

RECOVERY SUNGAI DAN JEMBATAN MULAK ULU

selengkapnya..

Jumlah Pengunjung

dgGEREg

Investigasi

Berita Sebelumnya

PanCe

Siape & Tuape

Jajak Pendapat

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater