YLKI Sesalkan Pemkab Lahat Belum Lakukan Sidak Pasar Jelang Ramadhan

Kamis, 2-Mei-2019, 18:46


Lahat – Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Lahat menyesalkan sikap pihak Pemkab Lahat melalui Dinas Perdagangan yang hingga hari ini, Kamis (02/05/2019) masih belum juga melakukan Sidak, memantau barang dan harga pasar.

Ketua YLKI Lahat, Sanderson Safei, ST. SH, mengatakan bahwa jika tidak dilakukan kontrol, maka akan menjadi sebuah kelalaian dalam menjaga stabilitas harga dan kwalitas produk.

“Karena biasanya harga-harga menjelang Ramadhan akan naik sekitar 20-30%. Dimana tahun-tahun sebelumnya diadakan sidak, banyak sekali temuan. Banyak barang yang beredar harganya tidak sesuai dengan kwalitas barang yang ditemukan,” ujarnya saat dibincangi awak media.

Selain itu, Sanderson juga menyatakan bahwa ketersediaan sangat perlu dilakukan antisipasi pada pihak pasar yang bermain. Moment jelang Ramadhan kerap dijadikan ajang penjualan dengan harga tinggi. Selain itu temuan mie berformalin saat dulu, dengan jumlah sampai 1 ton menjadi pelajaran.

“Apalagi saat ini moment jelang Ramadhan juga bertepatan dengan libur sekolah. Jadi kebutuhan masyarakat menjadi sangat tinggi. Tanpa sidak, pelaku usaha biasanya kucing-kucingan. Kalau ada sidak akan ada pengawasan dan menjadi antisipasi indikasi kecurangan,” tegas Sanderson.

Menurut Sanderson dirinya sudah mengonfirmasi kepada pihak Dinas Perdagangan. Hasilnya, Dinas Perdagangan masih menunggu instruksi dari Kepala Daerah.

“Hal ini kita sayangkan. Karena Ramadhan tinggal menghitung hari,” keluh Sanderson.

(Aan LO)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN

LAHAT - Rabu, 27-Maret-2024 - 17:54

Guru Penggerak Terus Bertambah 

selengkapnya..

PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater