PETANI LAWANG AGUNG LAMA PANEN TEMBAKAU

Dinas Pertanian Lahat turunkan bantuan

Kamis, 4-April-2019, 17:21


LAWANG AGUNG LAMA – Petani di Desa Lawang Agung Lama Kecamatan Muara Payang, saat ini mulai mengembangkan tanaman tembakau.

Imran Sumardi dari Kelompok Tani Air Terjun 1 Desa Lawang Agung Lama mengatakan, bahwa pihaknya saat ini sudah panen tembakau.

“Saat ini budidaya tembakau oleh kelompok perlu perluasan perkebunan bagi anggota kelompok agar hasil lebih banyak tetapi ada kendala permodalan dari anggota,” kata dia kepada Lahat Online, Kamis (04/04).

Lanjut Imran bahwa perhitungan biaya yang dibutuhkan tidaklah terlalu besar, namun hal itu menjadi suatu hal yang penting untuk memulai merintis tanaman tersebut.

“Diperhitungkan biaya pembukaan dan pengelolaan lahan ukuran 30 x 25 m per orang sebesar Rp 3 jt sampai panen 4 sd 5 bulan,” ujar dia.

Sementara itu, Ir Engkos Kosasih dari Dinas Pertanian Kabupaten Lahat menuturkan, pihaknya menggelontorkan bantuan kepada Poktan tembakau.

“Saat ini di Kabupaten Lahat, budidaya tembakau hanya ada di Perangai dan Lawang Agung Lama, dan yang aktif budidayanya Poktan Desa Lawang Agung Lama. Kami gelontorkan bantuan berupa mesin perajang tembakau, terpal dan alaht jemur, untuk membantu produksi petani tembakau,” tutur dia.

Camat Muara Payang Dahnial Nasution AP MSi mengungkapkan, bahwa pihaknya berterima kasih atas bantuan dan perhatian tersebut.

“Semoga hal ini dapat menjadi salah satu cara mensukseskan petani, kami mengucapkan terima kasih perhatian dan atas bantuan sarana produksi. Namun saat ini petani juga mendapatkan kendala dalam hal penjualan, saat ini penjualan hanya kepada pengepul dari Lintang Kabupaten Empat Lawang,” ungkap dia. (RPW).

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

KIKIM TIMUR - Kamis, 30-Maret-2023 - 19:10

DESA CEMPAKA SAKTI GELAR PASAR RAMADHAN 

selengkapnya..

SUKA MERINDU - Rabu, 29-Maret-2023 - 18:21

 Tiga Orang ini Ditolak Allah SWT

selengkapnya..

KIKIM TIMUR - Rabu, 29-Maret-2023 - 14:01

SMAN 3 KIKIM TIMUR SUKOHARJO GELAR USP 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater