PHK Marak Pungli Jadi Pilihan Warga Merapi Barat

Timbulkan Kemacetan Panjang

Senin, 25-Maret-2019, 21:27


TELATANG – Efek PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) oleh perusahaan tambang Batubara serta minimnya lahan pertanian dikecamatan Merapi Barat, mulai memberikan dampal negatif bagi masyarakat luas. Pasalnya, aksi Pungli (Pungutan Liar) marak terjadi khususnya didekat Jembatan diDesa telatang yang menimbulkan kemacetan panjang.

Pantauan wartawan koran ini dilapangan, mulai pukul 18.00 Wib, sekumpulan pemuda melakikan aksi pungli didekat jembatan Kebur, hal ini menimbulkan kemacetan panjang dan sangat meresahkan warga yang melintasi Jalinsum. Ironisnya, kejadian ini tidak jauh dari rumah salah satu anggota DPRD dan kecamatan tempat bupati Lahat dibesarkan.

“Aku hendak keMuara Enim, saya kira ada mobil kecelakaan atau rusak sehingga macet panjang, namun setelah dekat ternyata disebabkan oleh para pemuda yang melakukan pungli terhadap sopir angkutan Batubara dan Galian C,” ujar Yandri salah satu warga yang melintas.

Ditambahkannya, kondisi ini jelas sangat disayangkan apalagi sebelumnya pemerintah dan Kepolisian tengah gencar melakukan penertiban terhadap pungli. Karenanya, sangat berharap pihak terkait melakukan penertiban. “Kalu dibiarkan kasian sopir mobil, begawe la saro diPungli pula, jika tidak kasih uang mereka dibentak,” imbuhnya.

Maman (33) warga desa Ulak Lebar yang melintas menuturkan, aksi pungli terjadi mungkin dikarenakan banyaknya PHK yang dilakukan oleh sejumlah perusahaan Tambang Batubara. Belum lagi minimnya lahan pertanian yang disebabkan oleh pengalih pungsian menyebabkan warga kehilangan mata pencarian utama sebagai petani seperti sebelumnya.

“Harapan kita semoga Pemkab dan Polresta Lahat segera mengambil inisiatif untuk penertiban. Karena pungli adalah perbuatan yang melanggar hukum apalagi lokasinya adalah kecamatan tempat Bupati Lahat dibesarkan, serta tak jauh dari rumah wakil rakyat,” pungkasnya.(man)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN

LAHAT - Rabu, 27-Maret-2024 - 17:54

Guru Penggerak Terus Bertambah 

selengkapnya..

PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater