USIA POHON DI KOTA LAHAT HARUS DI PANTAU, JANGAN SAMPAI KORBAN BERTAMBAH SEPERTI SAYA

Kamis, 21-Maret-2019, 09:08


LAHAT – Masih ingatkah kejadian alam pada hari saptu 9 Febuari 2019 pada sekitar pukul 19.30 WIB lalu dimana satu pohon jenis akasia tumbang dan naasnya mengakibatkan 1 orang korban tertimpa.

Semua orang tahu sekali bahwa pohon-pohon yang ada diseluruh tepian jalan tersebut berfungsi untuk penghijauan dan yang pasti sekaligus untuk membuat sepanjang jalan terlihat sejuk dan yang pastinya mengurangi dampak polusi yang dihasilkan dari semua kendaraan bermotor.

Semua orang juga pasti merasakan hal yang berbeda bila kita berkendara di jalan yang disisi jalannya tertanam pohon – pohon rindang dibandingkan berjalan disisi jalan yang sama sekali tidak ada tanaman atau pohon pasti terasa amat panas.

Nah, belajar dari fungsi dan dampak adanya pohon di sepanjang jalan raya seharusnya pemerintah selalu memonitor usia dan kekuatan pohon supaya tidak ada yang dirugikan. Apa lagi akhir – akhir ini cuaca di Kota Lahat dan beberapa disekitar Lahat mengalami cuaca yang sangat buruk yakni hujan yang disertai angin kencang.

Tak pelak cuaca itu menyebabkan kerusakan fatal. Sampai – sampai memakan korban jiwa. Dan salah satu faktornya kerusakan yang terjadi adalah karena pohon yang tumbang dan akhirnya menimpa pengendara motor yang sedang lewat. Sehingga dengan alasan keselamatan pejalan kaki maupun pengguna jalan diminta kepada pemerintah untuk selalu dipantau usia dan kekuatan pohon – pohon yang berada di sekitar jalan jika sudah tidak layak agar segara ditebang dan diperbarui.

“Saya tak tahu apakah penebang tersebut memiliki surat izin untuk melakukan penebangan atau tidak?. Memang hal tersebut bisa meminimalkan korban atau kerusakan yang diakibatkan nantinya. Namun apakah tidak terfikirkan kerusakan fatal untuk masa depan. Kerusakan yang akan memakan waktu lama untuk pemulihannya.

“Seperti saya akibat tertimpah pohon bulan febuari kemasin mengalami lepas tulang sendi paha kanan. sehingga butuh waktu 3 bulan, baru dipastikan bisa beraktifitas kembali. Sedangkan kebutuhan ekonomi terus mengalir,”

Satu pohon besar bisa tumbuh dengan lebatnya dan kuatnya memakan waktu hingga puluhan tahun, sedangkan waktu untuk menebang hanya hitungan jam.

Dengan kejadian itu dimana pertanggungjawaban dari pihak berwajib sama sekali tidak ada. “Bukanya pohon ditanam itu untuk pelindung, tetapi yang dirasakan korban tertimpa pohon tumbang nasibnya kurang beruntung,”

(Mirhan)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater