Masyarakat dan Perangkat Desa Nantal Minta Pemilihan BPD Diulang

warga nantal bakal gelar demo

Minggu, 17-Maret-2019, 14:25


NANTAL – Masyarakat dan perangkat Desa Nantal, Kecamatan Lahat Selatan, Kabupaten Lahat, memprotes serta mempertanyakan hasil pemilihan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Pasalnya, warga sedikit bingung atas hasil pemilihan yang tidak digelar secara transparan atau terbuka. “Memang kami melihat ada pengumuman dari Kades terkait pemilihan BPD Desa Nantal, Kecamatan Lahat Selatan,” kata Robani dengan lantang.

Namun, tiba tiba baru mendegar pengumuman hanya kelang beberapa hari kemudian, sudah ditetapkan BPD beserta Anggotanya.

“Kapan pemilihan, dimana, dan siapa saja Calon BPD itu. Akan tetapi, ketika kami sampaikan permasalahan ini dengan Kades maupun Camat benar disuruh pemilihan ulang,” ungkap Sunar (42) warga dusun I Desa Nantal, Kecamatan Lahat Selatan, Kabupaten Lahat, Minggu (17/3/2019) kemarin.

Linmas Desa Nantal, Dasrin menyampaikan, kenapa masyarakat dan perangkat desa Nantal mintak diulang lagi pemilihan badan permusyawaratan desa (BPD) tersebut, karena, dinilai banyak dugaan kecurangan yang terjadi dilapangan.

“Sudah kami laporkan dengan Camat, lalu, Camat memerintahkan koordinasilah dengan Kades. Nah, semua itu sudah kami lakukan, tapi, kami seperti bola diterjang sana, diterjang sini,” tukasnya.

Warga Kamran menegaskan, apabila pemilihan BPD ini tidak diulang kembali maka ratusan warga Desa Nantal akan menggelar aksi demo.

“Kami tidak main main, karna setelah mendengar dari keterangan Camat pemilihan ulang bisa dilakukan, tapi biayanya dibebankan kepada masyarakat,” apa pantas jawaban seorang Camat kepada warganya, tanya Kamran dengan berapi api.

Sementara, kepala kades (Kades)
Kusin menyampaikan, bergerak berdasarkan aturan Permendagri sehingga, dari para calon BPD saat itu berjumlah sekitar 8 orang.

“Nah, dari 8 orang calon BPD, setelah dilakukan penjaringan hanya 5 orang yang dinyatakan lengkap. Lalu, kami nyatakan 5 orang yang dicalonkan,” kata Kades Desa Nantal, Kecamatan Lahat Selatan.

Ia mengatakan, setelah hasil laporan tentang pemilihan Ketua BPD Desa Nantal, belum langsung diterima. “Saya kembali memanggil para calon baik yang kalah maupun yang menang, guna mempertanyaan bagaimana hasil pemilihan BPD ini, “Mau diulang atau Tidak,” tanya Kades kepada warga. dan, terakhir pesan Kusin ada rencana kembali memanggil dan mengumpulkan untuk mempertanyakan kembali soal pemilihan BPD dan anggotanya.

Pudin panitia Calon BPD menerangkan, selepas dari pemilihan tersebut, warga terutama para calon badan permusyawaratan desa (BPD) sudah dipanggil dan ditanyakan soal pemilihan itu. “Mereka semua menerima, tapi, kami tidak tahu kalau akhir akhir ini mereka memprotes soal pemilihan ini,” ucap Pudin. (Din)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

LAHAT - Senin, 20-Maret-2023 - 13:08

4 SEKLOAH BERLINANGAN AIR MATA 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater