WARGA TUNTUT KEMBALIKAN LAHAN HGU PT ARTA PRIGEL

Senin, 11-Maret-2019, 15:38


LAHAT – Ratusan masyarakat Desa Pagar Batu Kecamatan Pulau Pinang Kabupaten Lahat, menggelar aksi unjuk rasa di halaman depan kantor Pemda, Senin (11/3/19).

Kedatangan massa yang mengatasnamakan Forum Pemuda-Pemudi Pagar Batu dan Serikat Petani Pagar Batu ini, menuntut agar pihak PT Artha Prigel yang bergerak di bidang pertanian kelapa sawit, mengembalikan lahan milik mereka yang telah habis izin ushanya.

Kordinator aksi Febri (39), dalam orasinya mengatakan bahwa izin usaha yang dimiliki oleh PT. Artha Prigel telah habis pada tahun 2108 yang lalu. Maka dari itu dirinya meminta kepada pemerintah daerah agar menyabut Hak Guna Usaha (HGU) milik PT. Artha Prigel.

“Kami minta kepada Bupati Lahat Cik Ujang dan Hariyanto untuk mencabut HGU perusahaan itu dan kembalikan lahan kepada masyarakat Desa Pagar Batu,” Teriaknya.

Ada seluas 180,36 hektar lahan adat yang menurut mereka telah di olah dan ditanami seperti pohon Kopi, Karet, Durian dan Sawah oleh para orang tua mereka dahulu, namun di ambil alih oleh PT. Artha Prigel pada tahun 1993 dengan ganti rugi secara tak adil.

“Pada 26 tahun yang lalu mereka (PT. Artha Prigel) masuk ke desa kami dan melakukan penggusuran pada malam hari tanpa ganti ruga yang jelas, dan banyak warga kami di intimidasi karena pada masa itu masa orde baru,” Jelasnya.

Menanggapi tuntutan warga Desa Pagar Batu, Wakil Bupati Lahat Hariyanto SE. MM. bersama SKPD dan Ketua DPRD Samarudin SH menggelar pertemuan di ruang Off room Pemda Lahat. Dalam pertemuan tersebut pihaknya berusaha untuk mencarikan jalan keluar bagi kedua belah pihak.

“Nanti kami akan berkordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mencari titik temu, agar permasalah lahan ini segera selesai,” Ungkapnya.

(TAHRIM)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater