KEMENDES TINJAU LOKASI EMBUNG DI DESA PELAJARAN JARAI

Sabtu, 2-Maret-2019, 20:12


PELAJARAN – Desa Pelajaran Kecamatan Jarai kedatangan tim dari Kementrian Desa (Kemendes), tim tersebut bertujuan untuk meninjau lokasi pembangunan embung desa.

Kepala Desa (Kades) Pelajaran Idil Adha mengatakan, bahwa pihaknya bersyukur atas kehadiran tim tersebut.

“Tujuannya yakni membangun embung di Desa Pelajaran. Sebab embung itu sendiri merupakan bangunan yang berfungsi menampung air,” kata dia kepada Lahat Online, Sabtu (02/03).

Lanjut Idil, embung sendiri diperlukan bagi petani di Desa Pelajaran, karena sebagian besar lahan di desa tersebut merupakan lahan pertanian.

“Saat musim hujan tiba, kita bisa menyimpan air, apabila musim kemarau, air tersebut dapat digunakan petani dalam menggarap lahan sawah. Hal itu diprediksi meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya petani padi dapat meningkatkan hasil padinya denganlancarnya pengairan,” ungkap dia.

Idil melanjutkan, bahwa pihaknya sebelumnya telah mempelajari program unggulan dari Kemendes berupa embung. Pihaknya lantas menyusun proposal utk diajukan ke Kemendes melalu DPMDES Kabupaten Lahat dan tenaga ahli pendamping desa.

“Alhamdulillah proposol kami tersebut ditanggapi Kemendes dengan dibuktikan turunnya tim dari Kemendes, didamlingi Dinas PU PR, Dinas Pertanian, PD, PLD dan masyarakat Desa. Setelah dilakukan survey ke lokasi dan dinyatakan layak untuk dibangun embung,” tutur dia.

Idil menambahkan, bahwa desa yang dipimpinnya tersebut, sesungguhnya terletak dilereng bukit barisan dan diapit Gunung Dempo yang kaya akan Sumber Daya Alam (SDA), sektor wisata alam, pertanian dan perkebunan.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat Desa Pelajaran kami mengucapkan terima kasih Kemendes. Karena telah memfasilitasi. Senoga sinergisitas ini menjadi amal bagi kita semua,” tutupnya (RPW).

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater