PLH Kadis Pariwisata Sum-Sel Puji Maryoto dan Sebut Wisata Lahat Bak Gadis Cantik Sedang Dipingit

Rabu, 20-Februari-2019, 13:44


Lahat – PLH Kadis Pariwisata Provinsi Sumatera-Selatan Aufa Syahrizal Sarkomi, SP, Msc yang membersamai kunjungan Gubernur Provinsi Sumatera-Selatan ke Kabupaten Lahat memberikan power effect bagi kepariwisataan di Sumatera-Selatan, khususnya Kabupaten Lahat. Hal ini dapat tersimpulkan saat mendengar pemaparan beliau tentang kepariwisataan di Hotel Grand Zuri Lahat, saat berbincang dengan penggiat wisata Kabupaten Lahat Mario Andramartik, pagi ini Rabu (20/02/2019).

Beliau yang sebelum menjabat PLH Kepala Dinas Pariwisata Sumatera-Selatan adalah sebagai Kepala Dinas Pariwisata OKU. Beliau jugalah yang telah berhasil mengangkat pariwisata OKU hingga kancah Internasional seperti Gua Harimau.

“Di OKU khususnya Desa Padang Bindu, terdapat 4 gua besar. Yakni Gua Putri, Gua Silabe, Gua Karang Pelaluan, dan Gua Harimau. Naluri untuk mengembangkan potensi wisata membuat saya ikut turun langsung saat ada penelitian arkeolog di OKU yang sempat terhambat. Saya pikir ini merupakan penemuan besar. Jadi saya turut terjun bersama Mr. Hiro dari Jepang yang saat itu melakukan penelitian. Pada Februari 2017 saya diundang ke Kamboja untuk memaparkan tentang Gua Harimau,” ujar Aufa memaparkan.

Menurut Aufa, Sumatera-Selatan yang terdiri atas 17 kabupaten kota semuanya kaya akan potensi wisata alam, wisata sejarah, wisata kuliner, bahkan wisata pendidikan. Beliau juga memuji Mario Andramartik yang dinilainya sebagai SDM Potensial yang turut berkontribusi bagi pengenalan dan pengembangan pariwisata di Kabupaten Lahat.

“Kita berharap pemerintah selalu dapat menempatkan orang yang tepat dalam sektor pariwisata. Selain itu pemerintah juga harus dapat berkolaborasi dengan masyarakat. Khususnya di Kabupaten Lahat sendiri kepemimpinan 2 periode Aswari Rivai sudah konsen pada kepariwisataan dan era sekarang, Cik Ujang, terlihat ingin sekali membangun Lahat. Tinggal bagaimana pemerintah dapat menggandeng masyarakat. Karena menurut beberapa ahli, keberhasilan pariwisata akan terwujud jika dapat melibatkan masyarakat. Baik dalam perencanaan, pembangunan, dan pengembangan,” lanjutnya.

Menurut Aufa, pariwisata memang tidak akan berpengaruh langsung pada PAD. Akan tetapi pariwisata akan menjadi sentra ekonomi kerakyatan karena akah hidupnya layanan penginapan, transportasi, kuliner, souvenir, dan bidang jasa lainnya. Dari situlah pajak daerah juga turut berkembang.

Saat ditanya tentang program dari Dinas Pariwisata Provinsi sendiri, Aufa berkata bahwa dengan masih barunya dirinya menjadi PLH, maka akan lebih pada koordinatif.

“Dengan melihat potensi langsung ke lapangan, dari situ akan tumbuh ide dan gagasan. Dengan potensi Lahat ini bagaikan ‘gadis cantik yang sedang dipingit’. Saat sudah dilepas maka akan sangat luar biasa dan diidolakan. Jangan lupakan juga dengan promosi dan peranan media. Ini yang juga berpengaruh besar pada pengenalan objek wisata ke dunia. Tentu saja promosi dengan mengikuti perkembangan zaman juga, misal dengan Web dan Jejaring Sosial yang jangkauannya jauh lebih luas,” pungkasnya.

(Aan LO)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN

LAHAT - Rabu, 27-Maret-2024 - 17:54

Guru Penggerak Terus Bertambah 

selengkapnya..

PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater