KADER PPKBD, SUB PPKBD 4 KECAMATAN MENDAPAT PEMBINAAN

Selasa, 8-Januari-2019, 17:36


KOTA AGUNG – Peningkatan kapasitas kader Keluarga Berencana dalam kegiatan penyuluhan Keluarga Berencana di kecamatan menjadi perhatian serius oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana kabupaten Lahat.

4 kecamatan kali ini menjadi sasaran pembinaan pemangku tingkat kabupaten yang berlangsung di kecamatan Kota Agung.

Perwakilan kecamatan Mulak Sebingkai, Mulak Ulu, Kota Agung, dan Tanjung Tebat mendapatkan pencerahan, bimbingan dari tim kabupaten.

Nara sumber kali ini menurunkan 3 kabid yang berkaitan langsung dengan perkembangan Keluarga Berencana di kabupaten Lahat.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, kabupaten Lahat, Agus Santoso, SH, MM melalui Farida Hasibuan, SKM, MM yang juga sebagai Kabid Penyuluhan dan Pergerakan menekankan pentingnya koordinasi dan pembinaan bagi kader KB ditingkat desa.

“Kita perlu menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kapasitas kader Keluarga Berencana ditingkat sasaran (desa). Dalam kegiatan pembinaan kali ini peserta dan nara sumber bisa berinteraksi secara langsung,” ungkapnya, Selasa (8/1), dalam penyampaian pembukaan kegiatan.

Karena menurut Farida, kader adalah perangkat yang akan menentukan keberhasilan program KB secara umum. Maka Dinas PPKB Lahat memprogramkan kegiatan seperti ini.

Banyak hal yang bisa didapat, selain silaturahmi antar kader dalam satu wilayah, berbagi ilmu dan pengalaman merupakan nilai lebih. Tak kalah perlunya adalah peningkat aseptor KB di masing-masing wilaya kerja kader tersebut.

Hal senada juga disampaikan oleh Mujiono, sebagai ketua panitia kegiatan, yang juga menjabat sebagai UPTD PPKB kecamatan Kota Agung.

Dia menerangkan, ada 149 orang yang mewakili 62 desa dalam  4 kecamatan yang diundang, selain persiapan kegiatan tahun 2019,” sampainya.

Acara yang dihadiri dan dibuka oleh Camat Kota Agung, Pukatul Hadi, SP, MM yang diwakili oleh Kasi Pemerintahan Kisman. Dia berpesan kepada seluruh peserta yang ikut agar bisa memanfaatkan momen ini sebagai wadah aktualisai diri dalam mengemban tugas kader di desa.

“Harapannya kader yang ada kian mampu menjalankan tugas serta memberikan pemahaman akan pentingnya KB secara mendalam kepada masyarakat,” pesannya.

Pada kesempatan ini juga disampaikan pencapaian kinerja dan hasil kader dalam masing-masing kecamatan.

Sejumlah bentuk apresiasi dan penghargaan diberikan, tentu apa yang diberikan bukan menjadi kader jumawah, akan tetapi lebih giat dalam menarik aseptor yang lebih banyak lagi.

Usai acara seremonial, peserta mendapatkan sejumlah materi dari nara sumber yang ada. Dengan sejumlah metode dan kegiatan yang dikemas secara interaktif.

(Indi)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

PAJAR BULAN - Selasa, 23-April-2024 - 09:10

Puskes Pajar Bulan, Gelar Re – Akreditasi 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater