PANEL SURYA TERANGI DESA MUARA GULA

Senin, 7-Januari-2019, 20:50


MUARA GULA – Membangun desa tentu dengan cara merubah kondisi yang ada menjadi lebih baik. Memanfaatkan Dana Desa tahun 2018, sebuah kegiatan fisik yang menarik untuk ditelisik ditemui di desa Muara Gula Kecamatan Kota Agung.

Pasalnya jalan desa ini kini diterangi oleh lampu jalan yang bersumber dari tenaga surya. Dengan kondisi ini tentu kian membuat desa yang berjarak sekitar 6 km dari ibukota kecamatan kian semarak.

Ide pengadaan penerangan desa dengan lampu bertenaga surya ini berawal dari keingin warga agar jalan dan lingkungan desa menjadi terang ketika malam hari.

Menurut penuturan Efran M kepada pewarta, pemintaan pengajuan pemasangan lampu jalan dilingkungan desa memang telah dilakukan sejak lama, tetapi belum ada realisasinya.

“Ketika musyawarah desa untuk tahun anggaran 2018 bersumber dari Dana Desa keinginan itu kembali mencuat. Selain secara juknis keinginan ini memang diakomodir oleh pemerintah,” tutur sang kepala desa, Senin (7/1).

Karena, lanjut Efran, secara manfaat keinginan itu bisa dinikmati oleh warga secara keseluruhan. Lingkungan kian layak,  karena situasinya makin terang di tambah secara keamanan tentu kian terkontrol.

“Sumber pembiayaannya memang berasal dari Dana Desa di tahun ini, nilai kegiatan mencapai Rp 146.850.000, dengan alokasi 15 titik lampu jalan,” katanya.

Saat ditanya mengapa ide pemasangan lampu jalan menjadi prioritas? Dia menerangkan bahwa kegiatan ini bukan prioritas utama. Tetapi menjadi kebutuhan, karena kegiatan fisik masih diorientasikan pada kegiatan yang berkaitan dengan hajat hidup warga desa.

“Diantaranya pembangunan sarana pertanian serta kegiatan ekonomi produktif lainnya. Karena sasaran utama adalah meningkatkan kesejateraan masyarakat secara umum,” katanya lagi.

Patut diakui,  dia tetap ingin memberdayakan warga saat kegiatan pembangunan Dana Desa dilakukan di desanya.

“Kami kira penerangan desa menjadi penting dalam menjaga keamanan desa serta kegiatan warga sehari-hari. Yang paling pokok adalah hal ini merupakan usulan dari warga juga,” ujarnya.

15 titik lampu jala desa kini telah dinikmati oleh warga desa Muara Gula, respon warga pun positif. Menurut penjelasan salah satu warga desa ini, cita-cita mereka yang lama mendambahkan penerangan desa telah terwujud.

“Lame be aghap, mbak ini dusun kite ni la terang amu malam, dik ka semang agi amu ade perluan ngeluage huma. Dide akap agi, amu belur (senter) la hapat tinggal di ghuma,” ceritanya dengan logat bahasa daerah yang khas.

(Indi)

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

KIKIM TIMUR - Jumat, 13-Desember-2019 - 18:45

SMA NEGERI 1 KIKIM TIMUR ADAKAN CLASS METTING

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT - Kamis, 12-Desember-2019 - 23:58

Warga Kota Agung Di Terkam Harimau

selengkapnya..

KIKIM TIMUR - Kamis, 12-Desember-2019 - 15:16

ULAR PHYTON RESAHKAN WARGA CEMPAKA SAKTI

selengkapnya..

KIKIM TIMUR - Kamis, 12-Desember-2019 - 09:47

SD MUTIARA PT. LONSUM GELAR UJIAN.

selengkapnya..

Jumlah Pengunjung

dgGEREg

Investigasi

Berita Sebelumnya

PanCe

Siape & Tuape

Jajak Pendapat

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater