BAZAR LIFESKILL SMAN 1 KOTA AGUNG, AJANG PROMOSI KARYA SISWA

Kamis, 20-Desember-2018, 23:00


PAGAR RUYUNG – Sebagai salah satu sekolah model di kabupaten Lahat, SMAN 1 Kota Agung ingin memberikan nilai lebih bagi alumninya, seperti yang dilakukan pihak sekolah, Kamis (20/12) menggelar bazar yang memamerkan, mempromosikan hasil pendidikan lifeskill (kecakapan hidup) siswa di sekolah ini.

Anek makanan ringan yang merupakan usaha (industri) rumahan hasil karya siswa satu-satunya sekolah tingkat atas di kecamatan Kota Agung, tak hanya dihadiri unsur Tripika kecamatan Kota Agung, turut serta dalam acara ini perwakilan Dinas Pendidikan propinsi Sumatera Selatan yang diwakili oleh pengawas SMA kabupaten Lahat.

Sejumlah undangan memuji hasil pendidikan kecakapan hidup sekolah yang telah menjadi sala satu sekolah favorit di daerah ini. Sejumlah hasta karya juga dipamerkan, seperti kursi dari bambu yang dibuat oleh siswa, ada juga aneka produk hasil dari pengelolaan limbah minuman ringan. Yang tentu saja menarik perhatian pengunjung yang datang di event ini.

David Hariadi, kepala SMAN 1 Kota Agung menerangkan, kecakapan hidup memang menjadi salah satu program unggulan sekolah ini, selain mengimplementasikan program ini secara nasional. Mereka ingin lulusan sekolah di daerah ini tetap punya nilai lebih saat menyelesaikan pendidikannnya.

“Jangan karena kita sekolah di daerah secara keterampilan kita tertinggal, acara ini salah satu cara kami menginformasikannya kepada masyarakat umum, terutama di kecamatan Kota Agung dan sekitarnya. Media promosi juga bagian lain dari tujuan acara yang kita gelar ini,” terang.

Masih kata David, bila mereka (siswa) telah punya dasar, tentu nanti bila mereka tak bekerja di lembaga atau instansi, secara umum mereka bisa memulai mengembangkannya untuk dijadikan salah satu usaha.

Pujian tentu banyak disampaikan, pada saat kegiatan peringatan HUT RI 2018 yang lalu sekolah ini sempat melakukan hal yang sama di lokasi acara perkemahan kecamatan. Tetapi karena keterbatasan waktu banyak warga yang tak mengetahuinya.

Seperti yang disampaikan Camat Kota Agung, Patahul Hadi, dia mengapresiasi cara sekolah memberikan nilai tambah, karena harus disadari, sebagian besar tamatan SMA memang belum memiliki kecakapan untuk memberikan penghasilan.

“Evant seperti ini bisa dibikin lebih besar, hanya butuh persiapan perencanaan secara matang. Kalau untuk skalan kecamatan dan wilayah daerah kita hal ini sudah luar biasa. Artinya bukan hanya pendidikan formal, sekolah juga menyiapkan ilmu non formal yang dapat dimanfaatkan nanti,” sampainya.

Lebih lanjut dia menyatakan siap mendukung bila nanti akan dilaksanakan dalam skala lebih besar. Pihaknya bersedia memfasilitasi, secara jangka panjang sekolah telah menyiapkan alumninya agar bisa bertahan dan bersaing dimasyarakat.

“Apalagi bila produknya mengedepankan nilai khasan budaya dan ciri khas kecamatan Kota Agung, bisa saja makin kian menjual, yang pasti akan memberikan nilai ekonomi yang lebih,” katanya.

Secara rasa, kemasan hasil karya siswa ini memang sudah baik, tinggal pemasaran dan menajemenya saja. Sebagai sekolah umum program seperti ini memang menjadi sebuah ciri bagi sekolah menengah atas yang berada di desa.

“Sebuah langkah maju yang dilakukan oleh SMAN 1 Kota Agung, karena sekolah yang berada ditanah kelahiran saya, tentu sangat membanggakan,” tambah Heri Yusuf, salah satu pengawas SMA yang juga berasal dari kecamatan Kota Agung.

(Indi)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT

LAHAT - Rabu, 27-Maret-2024 - 17:54

Guru Penggerak Terus Bertambah 

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater