Vivin Ervina : Selamat Hari Volunteer Sedunia

Rabu, 5-Desember-2018, 15:50


LAHAT – Hari ini adalah Hari Relawan Sedunia atau bahasa kerennya International Volunteer Day (5 Desember 2018).

Jadi saat itu konsep volunteer yang pertama kali tersusun dalam kepalaku adalah mereka yang secara sukarela (rela dan senang hati) memberikan tenaga, pikiran, dan waktu yang dimiliki secara sadar karena mereka mau dan mampu demi tercapainya sebuah tujuan.

Hal yang harus digaris bawahi adalah ‘tanpa pamrih dan imbalan’, kalaupun ada imbalannya itu adalah bonus dan apresiasi atas komitmen kita. Dan bonus apa yang kita dapat seringkali lebih besar daripada yang pernah kita bayangkan. Utopis? nggak lah, karena aku sudah mengalaminya sendiri.

Lalu sejak saat itu sepertinya kata ‘volunteer’ gak mau pergi jauh-jauh dariku. Sempat stress juga sih memang tapi gara-gara menjadi volunteer karna kadang gak bisa menyeusaikan waktu yang sesuai untuk kegiatan dan perbedaan pendapat dan kadang juga sedih belum bisa sepenuhnya bertanggung jawab dengan bagian diri sendiri .

Tapi kebanyakan bahagianya karena menjadi volunteer membuatku bisa bertemu dengan banyak orang, kenal berbagai jenis karakter, personality, maupun profesi.

Satu hal yang tak kalah penting ketika menjadi volunteer adalah Kita belajar berkomitmen, menjadi tahu siapa kita, dimana minat kita, bisa apa kita, dan bagaimana kita bisa mengembangkan keahlian yang kita miliki dan tujuan yang paling penting menjadi relawan ini adalah mencari Amal dan Ibadah.

Kita tak hanya belajar bagaimana menghargai orang lain namun juga diri kita sendiri karena sekecil apapun yang kita berikan, bisa jadi hal kecil itu merupakan sesuatu yang begitu besar di mata orang lain.

Selamat Hari Relawan Sedunia!

(Vivin Al Tafsany)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN

LAHAT - Rabu, 27-Maret-2024 - 17:54

Guru Penggerak Terus Bertambah 

selengkapnya..

PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater