PUSKESMAS JARAI LAYANI REHABILITASI PENDERITA NARKOBA

Kamis, 27-September-2018, 17:07


JARAI – Puskesmas Jarai saat ini bisa melayani rehabilitasi bagi para penderita Narkoba. Hal tersebut diungkapkan Kepala Puskesmas dr Icah Paramitri kepada Lahat Online, Kamis (27/09).

Icah mengatakan, bahwa warga tidak perlu takut untuk melaporkan anggota keluarganya yang menjadi korban Narkoba. Pihaknya mengajak segera melaporkan dan penderita akan di rawat di Puskesmas Jarai.
“Selama dia sudah melapor ke Institut Penerima Wajib Lapor (IPWL) yang berada di Puskesmas Jarai, IPWL ini merupakan SK dari Kemenkes. dan sedang menjalani perawatan, maka dia bebas dari hukuman. Tapi dia memang penderita, korban dari pemakaian Narkoba, bukan seorang pengedar Narkoba,” kata dia.

Lanjut Icah, Puskesmas Jarai sudah melayani rehabilitas pasien Narkoba sejak Oktober tahun lalu. Saat ini, sudah 30 orang yang telah pihaknya rehabilitasi dan 20 diantaranya sudah selesai di rehab.
“Tidak ada alasan bagi keluarga untuk tidak melapor, ini demi masa depan bangsa. Narkoba merusak mada depan, rumah tangga, kesehatan (gangguan jiwa) dan ekonomi. Nah para korban, inilah yang kita sadarkan dari obat obatan terlarang tersebut,” ujarnya.

Icah mengatakan, bahwa metode yang dilakukannya ialah berupa pebgobatan, konseling dan tes urin gratis.
“Waktu rehabilitas minimal 6 bulan. Kalau jenis Narkoba yang digunakan bermacam macam, mulai dari sabu, ganja dan pil dekstro, tapi rata rata pengguna sabu. Sejauh ini, Alhamdulillah, sudah ada yang sembuh. Peran keluarga juga sangat penting, agar mereka yang sudah direhabilitasi tidak terpengaruh lagi mengkonsumsi Narkoba,” ungkap seorang dokter cantik tersebut. (RPW).

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

LAHAT - Kamis, 01-Desember-2022 - 23:54

Kapolda Sumsel Kungker ke Polres Lahat 

selengkapnya..

MULAK ULU - Kamis, 01-Desember-2022 - 12:23

CAMAT MULAK ULU RAKOR BERSAMA POL-PP DESA 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater