PERKENALKAN WISATA LAHAT, 70 BIKERS DARI 11 CLUB MOTOR LAHAT TOURING KE PEDESAAN

Minggu, 2-September-2018, 21:08


LAHAT – Pada hari ini, Minggu (02/09) 11 komunitas/club motor di Lahat melakukan touring ke daerah pedesaan. Ke-11 club/komunitas tersebut terdiri dari:

1. Byonic Lahat
2. Bikers Of Familyar
3. Rider Community Lahat
4. Honda Beat Club LAhat
5. Yamaha Jupiter MX Club
6. Komunitas Motor BOx
7. PAsukan bLoKER
8. FABER
9. CMC
10. CMA
11. LSC (Lahat Scooter Club).

Total peserta yang turut serta dalam touring ini berkisar 70 orang.

Start dari Lapangan MTQ, para bikers ini melaju menuju Pagar Gunung, tepatnya di desa Tanjung Agung. Di desa ini para peserta touring berhenti di rumah adat Lahat. Maryoto atau yang lebih dikenal Mario Andramartik selaku penggagas kegiatan ini memberikan penjelasan tentang rumah adat.

“Rumah Adat Lahat atau yang disebut Ghumah Baghi merupakan tinggalan rumah adat terbanyak se-Sumsel. Rumah dengan pahatan pada bagian dindingnya merupakan hasil karya leluhur kita yang telah berusia lebih dari 250 tahun, terbuat dari kayu tenam dengan kontruksi anti gempa.” Maryoto memaparkan.

Selepas dari Desa Tanjung Agung para peserta touring lanjut bergerak menuju Desa Pagaralam dan masih dalam kawasan Kecamatan Pagar Gunung. Di sini terdapat tinggalan megalitik berupa Arca Macan/Batu Macan, Lumpang Batu dan Tetralit.

Kemudian para bikers melaju ke desa Penandingan Kecamatan Mulak Sebingkai. Dan di sini terdapat air terjun Ughul dan danau yang lebih dikenal dengan nama Tebat Mbahambang. Di tebat ini pengunjung dapat menikmati keindahan danau dengan berkeliling menggunakakan perahu atau bebek-bekekan. Di danau ini juga diadakan pemberian piagam kepada semua club motor yang diberikan oleh Maryoto kepada pembina Asosiasi Club Motor Lahat (ACML) AKP Maulana dan selanjutnya diberikan kepada ketua club masing-masing.

Perjalanan berikutnya melintas Kecamatan Mulak Ulu dan Kota Agung dan berakhir di Megalitik Tinggihari 1 Desa Pulau Pinang. Di sini para peserta touring makan siang dan mendapat wing yang diserahkan oleh Maryoto selaku penggagas kegiatan dan ketua umum LSC (Lahat Scooter Club).

“Kegiatan ini dalam rangka menjalin silaturahmi antar anggota club motor, mengenalkan potensi pariwisata dan membantu mempromosikan potensi pariwisata Lahat,” ujar Maryoto mengakhiri.

(Aan LO)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater