TERKAIT DUGAAN PUNGLI RASTRA, OKNUM KETUA RT SEBUT LURAH DAPAT JATAH RATUSAN RIBU

Saturday, 1-September-2018, 16:59


BANDAR AGUNG – Oknum Ketua Rukun Tetangga di Bandar Agung inisial MG diduga telah melakukan punggutan liar meminta uang sebesar Rp. 10 ribu setiap karungnya terhadap warga untuk pengambilan Beras Sejahtera (Rastra) sebanyak 60 warga penerima Rastra.

Hal itu terungkap ketika Ketua Bidang (Kabid) Investigasi LSM Lingkar Merah Putih Nasional (LMPN) DPC Kabupaten Lahat, Bambang Harianto menyambangi lahatonline.com Sabtu (1/9/2018).

Padahal, tambahnya, penyaluran Rastra secara gratis sampai ditangan masyarakat ini sudah diatur oleh Pemerintah Pusat sesuai dengan Pedum Bansos Rastra yang disepakati oleh dua kementrian, yakni Menko Bidang Kemanusian dan Kebudayaan RI dan Kemensos RI Tahun 2018.

“Bahwa Bantuan Sosial Pangan dalam bentuk natura atau disebut sebagai Bansos Rastra, diberikan dalam bentuk beras dan disalurkan setiap bulan tanpa adanya harga atau biaya tebus. Tujuannya untuk mengurangi beban pengeluaran dan meningkatkan akses masyarakat miskin dan rentan melalui pemenuhan kebutuhan pangan pokok yang menjadi hak dasarnya,” urainya.

Diterangkan Bambang, teamnya pada Kamis (30/8/2018) kemarin ketemu dengan MG di rumah warganya inisial SR tepatnya di RT.15 RW.05 Kelurahan Bandar Agung. Saat ditanya tentang informasi adanya biaya beban Rastra ke warga, MG membenarkan ada dana sebesar Rp.10 ribu setiap karungnya yang dibebankan kepada warga penerima Rastra.

Bambang menjelaskan, pengakuan MG itu sempat direkam video oleh teamnya yang diakui MG juga rincian jumlah total dana terkumpul dari warga penerima Rastra itu sebesar Rp.600 ribu. Namun, masih pengakuan MG, dana tersebut tidak semua dikantonginya.

“Ada pengeluaran sebesar Rp.200 ribu untuk diberikan kepada Lurah Bandar Agung, SF. Barulah sisanya Rp.400 ribu dikantongi MG sebagai biaya upah angkut beras dari titik pendistribusian di kantor Lurah yang tak jauh jaraknya ke rumah warga penerima Rastra,” urainya menirukan ucapan MG sesuai dengan rekaman Video yang diperlihatkan di lahatonline.com

Diungkapkan Bambang, teamnya bersama wartawan kemarin Jum’at (31/8/2018) menemui Lurah Bandar Agung, SF di ruang kerjanya. Namun, jelas Bambang, sifat tak bersahabat dan arogansi yang ditunjukan SF saat menyambut kedatangan teamnya.

“Sepertinya, Pak Lurah telah mengetahui tujuan kedatangan kami yang ingin mengkonfirmasi kebenaran ucapan MG tentang dana 200 ribu ke Pak Lurah. Buktinya, beliau tidak bersahabat menyambut kedatangan kami, seolah-olah kami ini mencari-cari kesalahan beliau. Padahal kami hanya ingin mencari kebenaran atas informasi yang kami temui,” sesalnya.

Lebih lanjut dikatakan Bambang, Lurah SF membantah atas tudingan MG telah menerima uang Rp.200 ribu setiap penerimaan Rastra. Bahkan Lurah SF menunding rekaman video MG itu hanya rekayasa dan mengada-ada.

Sebelumnya lahatonline.com juga mendapatkan informasi tentang adanya dugaan pungli dalam penyaluran Rastra. Saat dihubungi via Whatsapp (WA) ke nomor pribadi Lurah SF, 0813-6902-XXXX Kamis (30/8/2018) Pukul 11.06 WIB.

Dengan kalimat “Ass Wr Wb, Pak Lurah, ni Dafri rekan Pers, Izin nk ktmu, nk konfirmasi ttg temuan informasi Penyaluran Rastra ke setiap RT di Kelurahan Bandar Agung, Terima Kasih.

Tapi, tidak ada jawaban walau isi pesan itu telah dibaca oleh Lurah SF yang bertanda Ceklis dua biru. Anehnya, ketika lahatonline.com mencoba mengkonfirmasi ulang masih di nomor WA yang sama pada Sabtu (1/9/2018) Pukul 14.41 WIB foto profil WA Lurah SF tak tampil dan pesan WA hanya tampil Ceklis satu hitam sepertinya diblokir. (DAFRI. FR)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

KOTA AGUNG - Monday, 28-November-2022 - 19:53

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater