DONASI UNTUK LOMBOK ALA SMAN 1 TANJUNG TEBAT

Minggu, 26-Agustus-2018, 21:44


AIR DINGIN – Musibah Lombok direspon oleh semua lapisan masyarakat secara nasional, tak terkecuali pelajar SMAN 1 Tanjung Tebat. Dimotori pewakilan OSIS dan Gudep Pramuka sekolah ini, secara sukarela mereka menggalang pengumpulan dana dari masyarakat.

Mereka menyisir 3 kecamatan sekitar, masing-masing kecamatan Tanjung Tebat, Kota Agung dan Mulak Ulu. Satu per satu rumah dan warga sejumlah titik mereka sambangi dalam mengumpulkan dana ini.

Bahkan sejumlah instansi dan kantor pemeritah dan swasta tak luput dari aksi ini. Rico Akbar, koordinator kegiatan yang juga pembina pramuka sekolah tersebut turut ke lapangan mengkoordinir adik-adik anggota gudep dan OSIS.

Kepada pewartam, dia menerangkan, aksi sumbangan ini merupakan respon keperdulian dan keprihatinan keluarga besar SMAN 1 Tanjung Tebat.

“Idenya berawal dari obrolan kita saat latihan di sekolah, karena didaerah kita belum ada yang menggalang dana untuk Lombok. Setelah melakukan pertemua akhirnya disepakati untuk pembagian wilayah,” terang Rico, Minggu, (26/8).

Bermodalkan beberapa kardus makanan kemasan, anggota organisasi siswa sekolah ini menyebar untuk mengudang warga agar menyisiskan sedikit rezekinya bagi saudara di Lombok. Bertemakan “Donasi Untuk Lombok” kegiatan ini dilakukan hingga Sore hari.

“Angota Pramuka dan OSIS SMAN 1 Tanjung Tebat melakukan pengalangan dana untuk saudara kita yang berada di Lombok, semoga apa yang kita lakukan dan diberi dapat membantu saudara kita disana,” ujar Rico.

Masih kata Rico, aksi ini mengajarkan rasa kemanusia, persaudaraan. Harus diingat saudara itu tak harus sedarah dan duka mereka adalah duka kita juga.

Ditempat terpisah, Kepala SMAN 1 Tanjung Tebat, Evi Yosita Silva, MPd mengatakan, apa yang dilakukan anak didiknya adalah bentuk empati.

“Secara pribadi dan satuan pendidikan kami sangat mendukung dan mengapresiasi aksi ini. Karena mereka telah terpancing rasa solidaritasnya,” kata Evi.

Selanjutnya kata Evi, dana yang terkumpul akan diserahkan kepada lembaga yang berkompeten untuk diteruskan, disalurkan bagi saudara-saudara di Lombok.

“Kalau jumlah memang tak seberapa besar, tetapi insya Allah akan kita tambah dengan sumbangan dari sekolah dan anak-anak yang lain nanti, karena pertanggung jawabannya adalah sebuah keharusan sebagai bentuk transparansi,” ungkapnya lagi.

Evi sangat bangga dengan aksi ini, baginya hal kecil saja telah ada sebagai empati dari anak-anak didiknya. (Indi Sirani)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater