MEMBANGUN JIWA KEWIRAUSAHAAN DARI SEKOLAH

SMA Model 1 Kota Agung,

Minggu, 19-Agustus-2018, 16:31


PAGAR RUYUNG – Menyiapkan anak muda agar memiliki jiwa kewirausahaan tentu bukan perkara muda. Jiwa ini harus ditumbuhkan sejak dini, hal ini tentu menjadi catatan penting bagi SMA Negeri 1 Model Kota Agung.

Sejak diintegrasikan pada kurikukul sekolah responnya tentu sangat baik, sebagai bukti pada saat acara kemah bersama peringatan HUT RI dan Pramuka tahun 2018 yang dilaksanakan oleh pihak kecamatan Kota Agung, sekolah ini melaksanakan bazar bagi hasil kewirausahaan anak-anak mereka.

Aneka hasil dan produk industri rumahan mulai ditawarkan oleh para siswa ini, baik melali stand mereka hingga melakukan penawaran langsung kepada para peserta, guru pembina sampai masayarakat umum.

Ada banyak jenis produk oleh anak-anak SMA model pertama di kecamatan Kota Agung. Tetapi yang paling diminati adalag produk olehan makanan lokal.

Dengan harga terjangau dan marketing yang dilakukan tentu direspon oleh masyarakat umum. Menariknya, sejumlah siswa terlihat secara bergantian menawarkan produk mereka secara langsung dengan cara berkeliling lokasi perkemahan.

Kepala SMA Negeri 1 Model Kota Agung, David Hariadi, S.Pd mengatakan, apa yang dilakukan mereka sebagai bagian dari pendidikan jiwa kewirausahaan yang telah dilakukan di sekolah.

“Momen peringat Proklamasi tingkat kecamatan Kota Agung menjadi salah satu cara mempromosikan program dan hasil anak-anak kita,” katanya, Minggu (19/8)

Bahkan dia bertanya, kenapa portal berita jeme kite tak sempat mampir ke stand mereka.

“Coba mampir, kita pasti akan bercerita lebih banyak tentang program ini. Tetapi untuk tahap promosi hal ini lebih dari cukup,” ujarnya.

Dipihak lain, agenda yang memanfaatkan momen yang sangat baik, banyak pihak memuji kegiatan yang dilakukan oleh pihak sekolah. Ini cara marketing yang pas untuk memasarkan hasil pendidikan secara langsung.

Dinda, salah satu guru di daerah ini menyambut baik program kewirausahaan ini, dia bahkan mengajak anggota keluarganya untuk mencicipi hasil karya siswa SMA dikecamatan mereka.

“Kalau secara rasa tentu sudah menjanjikan, kemasan untuk tahap awal sudah baik, tinggal marketing dan pengembangannya,” ungkap guru bahasa SMP ini.

Kemudian dia menambahkan, sekolah umum memang harus punya nilai lebih saat mempersiapakan anak setelah lulus nanti.

“SMA Kota Agung salah satu sekolah yang mengimplementasikan secara langsung, hasilnya tentu sudah dapat dinikmati. Hasil jangka panjang tentu akan dirasakan oleh siswa itu sendiri nanti,” tambahnya.

Menurut informasi yang ada, 2 hari stand ini dibuka banyak warga yang penasaran untuk mengunjunginya. Tentu bukan hanya melihat tak jarang banyak diantara mereka langsung belanja aneka produk yang dijual.

Sekolah umum juga bisa membelikan life skill (kecakapan hidup) sebagak bekal bagi lulusan sekolanya. (Ind)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

KIKIM TIMUR - Senin, 22-Juli-2024 - 21:50

DESA CEMPAKA SAKTI DIBANGUN JALAN COR BETON

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater