JERRY HANDRIANSYAH : ERA KEPEMIMPINAN GENERASI X

Sabtu, 11-Agustus-2018, 11:16


LAHAT – Sandiaga Sollahudin Uno adalah fenomena baru. Dia representasi dari Generasi X yang siap menyambut estafet kepemimpinan nasional dari Generasi diatasnya para Baby Boomers. Generasi ini lahir pada masa transisi global diantaranya Perang Dingin dan Runtuhnya Tembok Berlin sehingga membentuk karakter toleran dan kepekaan sosial di diri mereka. Di masa-masa kecil mereka, dunia komputerisasi mulai tumbuh dampaknya membuat generasi ini berfikir inovatif dalam mempermudah kehidupan manusia.

Ciri khusus generasi ini adalah Mandiri, Pragmatis, Mementingkan Kesinambungan, Menyenangkan, Berpikiran luas, Suka dengan keragaman, Memiliki jiwa pengusaha, Memiliki ekspektasi kerja tinggi, Lebih menyukai pekerjaan yang tidak formal. Dan karakter ini secara tidak langsung akan terbawa pada gaya kepemimpinan generasi X.

Tentunya kita tidak menolak semua karakter diatas hampir semua dimiliki oleh seorang Sandi. Dia mulai meninggalkan dunia profesional setelah di PHK dari Perusahaan kemudian merintis karir sebagai pengusaha dan akhirnya menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia karena visi hidup: Kerja Keras, Kerja Cerdas dan Kerja Ikhlas. Punya style santai dan sporti, tidak jarang kita liat beliau menggunakan jersey lari sembari blusukan meninjau lapangan ketika menjalankan tugas wakil gubernur. Dan jangan meragukan toleransi dan kepekaan sosial seorang Sandi. Hampir semua lembaga Nirlaba dan Sosial macam Baznas, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat dan sejenisnya pasti pernah merasakan transferan dari Sandi ke rekening mereka.

Maka, siap tidak siap karakter dan gaya kepemimpinan nasional kita akan berubah sesuai zamannya. Apalagi dengan bonus demografi yang akan melanda Indonesia di 2030 dimana umur produktif akan diisi oleh para generasi generasi Y atau Milineal dan generasi Z yang butuh pemimpin dan generasi X yang mengerti karakter mereka. Dan biarkanlah ini terjadi secara alamiah.

Jerry Handriansyah

Jeme Lahat Pemerhati Kepemimpinan Nasional

(Aan LO)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

KIKIM TIMUR - Senin, 22-Juli-2024 - 21:50

DESA CEMPAKA SAKTI DIBANGUN JALAN COR BETON

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater