SISWA SMKN 2 LAHAT BARU TAHUN INI TERAPKAN ‘FULL DAY’

Selasa, 7-Agustus-2018, 19:14


LAHAT – Dari 12 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan 38 Sekolah Menengah Atas (SMA) yang tersebar di Kabupaten Lahat, baru 4 SMK dan 6 SMA yang menerapkan sistem Full Day School atau 5 hari sekolah. Salah satunya SMKN 2 Lahat, yang baru tahun ini menerapkan sistem Full Day tersebut

Rupanya sistem tentang Full Day ini ditanggapi baik oleh sejumlah siswa. Bahkan kebayakan dari siswa lebih cocok dengan full day. Elvi Zeptiani, siswa SMKN 2 Lahat jurusan Teknik Jaringan Komputer (TKJ) ini mengatakan, dirinya sangat setuju sekolahnya menerapkan sistem ful day. Meskipun jam pelajaran terasa lebih padat, tapi dirinya merasa semakin fokus.

“Jadi waktu luang kita lebih banyak. Hari Sabtu bisa dimanfaatkan untuk mengulang materi pelajaran, atau liburan sama keluarga. Kan kalau belajar terus, bisa stres kak,” ucap Elvi, Selasa (7/8).

Kepala SMKN 2 Lahat, Likqwanyu membenarkan, sekolahnya baru tahun ini menerapkan system full day. Dalam satu minggu ada 48 jam pelajaran. Masuk pukul 06.40 WIB, pulang pukul 16.00 WIB.

Hanya saja waktu 30 menit sebelum masuk kelas digunakan untuk hapalan Al Quran, sedangkan satu jam setengah sebelum pulang untuk belajar Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang.

“Siswa justru sangat menerima, bahkan berterima kasih, begitupun para pendidiknya. Jadi hari sekolah, waktunya benar-benar untuk belajar. Kemungkinan untuk main sepulang sekolah, tidak ada lagi,” terang Likqwanyu.

Disisi lain, Ketua MKKS SMA Lahat, Baslini MPd menuturkan, SMA yang suda menerapkan sistem full day diantaranya, SMAN 1, SMAN 4 Lahat, SMAN 1 Pulau Pinang, SMA Muhammadiyah Lahat, SMA NU Lahat, dan SMA Islamic Center Lahat. Jika kedepan ada sekolah yang mengusulkan, jelas akan bertambah lagi.

“Sama sekali tidak menggangu jam untuk guru sertifikasi, maupun guru honor. Karena tidak ada pengurangan jam mengajar. Untuk hari Sabtu, siswa diharapkan berkumpul dengan keluarga, membantu kegiatan orang tua di rumah,” tutur Baslini.(CEPY – LAHAT)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

KIKIM TIMUR - Sabtu, 10-Desember-2022 - 13:37

PEMDES CEMPAKA SAKTI REHAP KANTOR DESA 

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG

TANJUNG SAKTI PUMI - Jumat, 09-Desember-2022 - 20:16

Polsek Tanjung Sakti, Gerebek Diduga Judi Sabung Ayam

selengkapnya..

GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater