MINTA KEADILAN DI BAWASLU SUMSEL ATAS MONEY POLITIK CIK UJANG HARYANTO DI PILKADA LAHAT

Selasa, 3-Juli-2018, 15:25


PALEMBANG – Siang ini Masyarakat kabupaten lahat yang mengatasnamakan dan tergabung dalam GARPU (Gerakan Rakyat Anti Politik Uang), GRAMP (Gerakan Rakyat Anti Money Politik) dan Aliansi Kelompok Cipayung kebupaten lahat laksanakan aksi unjuk Rasa di Bawaslu Provinsi Sumsel yang beralamat di Jalan Utama Komplek Prumahan OPI Sumsel. Selasa (3/6).

Pada Unjuk rasa hari ini, para pendemo menyampaikan aspirasi dan orasi untuk menuntut diduga praktek Money politik yang sudah mencoreng Berokrasi pilkada di kabupaten lahat yang sudah dilakukan oleh Paslon No urut 3 Cik Ujang – Haryanto.

Unjuk rasa yang di pimpin langsung oleh Haryono dari Gerakan Rakyat Anti Money politics (GRAMP) yang juga di dudukung oleh Organisasi pemuda BMPAN, GP ANSOR dan Ormas yang berada di Palembang  meminta supaya pihak Bawaslu untuk menyusut tuntas Adanya Money Politik di kabupaten lahat.

“Tolong Pak Bawaslu untuk di usut adanya dugaan Money Politik di kabupaten lahat, ingat Politik uang adalah kejahatan dalam Demokrasi, karena merusak kualitas pemilihan umum, membuat mentalitas masyarakat menjadi koruptif dan akan melahirkan pemimpin yang koruptif setelah terpilih.

“Berbagai aturan telah di buat untuk menjaga agar proses pemilu di indonesia bebas dari peraktek politik uang dalam Deklarasi Kampanye Damai di KPU sumsel dan KPU Kabupaten/kota di sumsel yang dilaksanakan serentak  pada 18 Febuari 2018, seluruh pasangan calon pemilukada 2018 juga sudah membuat janji untuk melakukan kampanye tanpa Hoak, politisi Sara, dan Politik uang”. Ujarnya yang langsung diteriakan oleh seluruh pengunjuk rasa yang disambung oleh Depi dan Kawan-kawan.

Namun, sambung Saryono, “Ternyata ada pasangan calon pemilukada Kabupaten lahat tahun 2018 yang mengingkari janji tersebut yaitu pasangan Calon nomor urut 3 (Cik Ujang – Haryanto ) yang mana diketahui telah melakukan praktik uang yang terstruktur, Sistematik dan Masif (TSM).

“Berdasarkan masyarakat dan Investigasi yang kami lakukan, pasangan Cik Ujang – Haryanto melalui Tim Suksesnya telah membagikan Amplop berisi uang dengan nominal Rp. 150.000 Sampau Rp. 200.000, kepada masyarakat di sertai ajakan agar memilih pasangan Nomor urut 3 (Cik Ujang – Haryanto ) pada pemilukada lahat tanggal 27 juni 2018.

Politik uang tersebut dilakukan secara TSM karna melibatkan tim sukses dan pengurus partai (Termasuk 2 orang Anggota DPRD yang sudah di ketahui Masyarakat), terjadi di seluruh kecamatan (24 kecamatan) yang ada di kabupaten lahat, melibatkan 60% kepala Desa, 60% Perangkat RT/RW, Anggota Panwas kecamatan dan anggota KPPS di kabupaten lahat.

“Ingat Semua data-data tentang hal itu telah kami kumpulkan dan kami laporkan ke GAKKUMDU dan PANWASLU Kabupaten lahat. Akan tetapi, kasus ini sepertinya di biarkan oleh Panwaslu dan Petugas Pengawas lapangan (PPL) yang ada di kabupaten lahat.

Berdasarkan Undang-Undang No. 10 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas undang-undang No. 1 tahun 2015 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti undang-undang No. 1 tahub 2014 tentang pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota dab Undang-undang no. 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum , memberikan kewenangan kepada BAWASLU untuk men-Diskualisfikasi pasangan Calon Kepala Daerah yang terbukti melakukan Pelanggaran laporan Dana Kampanye dan Politik uang.

Kami yang tergabung dalam GARPU (Gerakan Rakyat Anti Politik Uang), GRAMP (Gerakan Rakyat Anti Money Politik) dan Aliansi Kelompok Cipayung kebupaten lahat dan didukung oleh Organisasi BMPAN, GP ANSOR, Pemuda Bulan bintang dan Muslimat Bulan Bintang hari ini turun dan sangat menentang praktik politik uang yang telah dilakukan oleh pasangan Cik Ujang -Haryanto pada pemilukada kabupaten lahat tahun 2018.

Karena itu, kami mendesak Bawaslu Provinsi Sumatra Selatan untuk :

1. Segera menindak lanjuti dan menproses laporan kasus dugaan Money Politik yang dilakukan Pasangan Calon Cik Ujang – Haryanto  pada pemilukada Kabulaten lahat tahun 2018.

2. Memeriksa laporan, informasi dan Fakta-Fakta terkait politik uang yang terjadi pada pemilukada kabupaten lahat tahub 2018.

3. Bekerja sesuai tupoksi (tugas pokok dan fungsu) dan kewenangannya tanpa ada pengaruh dan intervensi dari pihak manapun.

4. Sesegera mungkin mengeluarkab keputusan mengenai praktik money politik yang terjadi di kabupaten lahat dengan mendiskualifikasi pasangan calon nomor urut 3 yaitu Cik Ujang -Haryanto yang telah melakukan peraktik Politik Uang dengan cara Terstruktur ,Sistematis, dan Masif.

Demikian pernyataan sikap ini kami buat, dengan harapan pesta demokrasi yang kita laksanakan dengan jujur dan adil dapat berjalan sebagaimana mestinya. Supaya bisa mendapatkan pemimpin yang benar-benar mementingkan kepentingan rakyat.

Selain itu pada kesempatannya, dari masing-masing kecamatan dengan semangat menyampaikan aspirasi tentang adanya praktek Money Politik yang sudah terjadi di kabupaten lahat dan dirinya meminta supaya permasalahan ini di tegakkan seadil adilnya yang mana pada unjuk rasa ini adalah aksi damai yang tidak akan menyusahkan pihak keamanan manapun karna masyarakat kabupaten lahat cinta damai.

“Oi pihak Bawaslu Sumsel tolong usut tuntas permasalahan di kabupaten lahat tentang adanya Praktek money Politik di kabupaten lahat, karna Kabupaten lahat terbukti adanya money politik besar-besaran di kabupaten lahat. Pada kesempatan ini juga saya meminta kepada pihak polisi untuk menyusut tuntas masalah ini karna itu sudah terbukti dimana sudah kami dapatkan saksi-saksi si pemberi dan penerima”. Ucap Clien dari Pulau pinang.

Saat berita ini diturunkan Perwakilan warga Lahat sedang di terima Bawaslu Sumsel (ALI).

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater