MEMILIH CALON PEMIMPIN, INI PERTIMBANGANNYA

Catatan Kecil Jelang Pilkada Lahat

Selasa, 26-Juni-2018, 22:58


27 Juni 2018 adalah hari penting bagi beberapa daerah di Sumatera Selatan, tak terkecuali kabupaten Lahat.

Masih ada warga yang memiliki hak pilih belum menentukan pilihan, walau masa kampaye telah berakhir. Tanggal 27 adalah hari H dimana pemilih menetukan pilihan.

Baik Bupati dan Wakil Bupati atau Gubernur serta Wakil Gubernur. Bagi yang belum menentukan pilihan sebelum masuk bilik suara berikut pertimbangan yang bisa digunakan dalam menentukan pilihan pada saat pencoblosan.

Di pilkada jali ini bagaimana menurut anda? Apa kriteria pemimpin berkualitas yang ada dibenak anda? Masih susah memilih siapa yang layak untuk menjadi pemimpin?

Berikut cara-cara menentukan pilihan pemimpin yang berkualitas :

Pahami Track Record

Dalam memilih seseorang untuk menjadi pemimpin memahami track record sangat penting dan perlu untuk dilakukan.Track Record seseorang mencerminkan seperti apa sifat mereka dan hal apa saja yang pernah mereka lakukan.

Dengan mengetahui sifat baik yang ada di dalam diri mereka, maka dapat menjadi poin bagi mereka agar dapat terpilih menjadi seorang pemimpin.

Memahami sifat seseorang memang lebih akurat dengan mencari tahu track record pada masa lalu.
Hal tersebut sangat bertolak belakang jika kita hanya melihat sifat seseorang hanya pada saat mereka melakukan kampanye.

Pencitraan diri sangat dominan jika melihat seseorang hanya pada saat kampanye saja.

Dapat Menjadi Teladan

Teladan yang dapat dijadikan contoh merupakan nilai lebih yang harus kita perhatikan saat akan memilih seorang pemimpin. Dengan teladan yang baik, seorang pemimpin akan mendapatkan kehormatan oleh orang-orang yang di pimpin.

Jika dibandingkan dengan pemimpin yang hanya dapat berbicara memerintah ini itu tapi sangat minim tindakan yang dapat dijadikan contoh teladan.

Dengan teladan dan sikap yang baik jugalah seseorang pemimpin dapat mengarahkan orang–orang yang dipimpinnya untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Mengapa teladan sangat penting?

Hal ini dikarenakan ada banyak sekali contoh nyata tindakan kriminal yang diawali oleh pemimpin yang buruk perangainya. Contohnya, seorang suami yang menjadi otak tindakan korupsi dan mengajak isterinya sendiri untuk menutupi bahkan membantunya melakukan tindak korupsi.

Contoh selanjutnya, Kepala atau pimpinan perusahaan ataupun badan pemerintah yang membiarkan bawahannya melakukan korupsi asalkan dia mendapatkan bagian dari proyek yang dilakukan.

Banyak sekali contoh jika ingin diuraikan satu per satu disini, cukup dua contoh kasus diatas yang saya sampaikan untuk menjadi renungan kita.

Kompetensi

Pilihlah pemimpin yang memiliki kemampuan yang memadai dalam suatu bidang dasar yang dia pimpin. Dengan adanya kemampuan atau kompetensi yang memadai maka pemimpin tersebut dapat dipastikan mampu untuk menyelesaikan permasalahan jika suatu waktu muncul hambatan.

Kemampuan untuk memecahkan masalah, menyusun rencana kedepan merupakan dua kemampuan dasar yang sangat diperlukan dan merupakan modal besar yang perlu dimiliki seorang pemimpin.

Tanpa kompetensi tersebut pemimpin akan sulit untuk mengatur orang-orang dibawahnya dan langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk mewujudkan mimpi yang diinginkan.

Bisa Dipercaya

Pilihlah pemimpin yang mampu mengemban amanah dari banyak pihak terutama rakyat yang mendukungnya.

Mengapa?

Saat kita memilih pemimpin yang dapat dipercaya, maka dapat dipastikan ia mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik.

Dia paham betul tugas yang diembannya sebagai seorang pemimpin dan dia juga tidak akan serta merta meninggalkan tanggung jawab yang harus dijalankannya.

Tahu tujuan

Pemimpin adalah orang yang berada pada garis depan untuk menentukan ke arah mana dia dan kelompoknya akan pergi. Jika pemimpin tidak mengetahui ke arah mana dia akan pergi, maka dia sama saja menyesatkan semua orang yang mengikuti langkahnya.

Oleh karena itulah disaat memilih pemimpin, kita harus yakin bahwa ia tahu arah yang akan dituju dan tidak mengambang.

Mengetahui tujuan disini artinya memiliki visi dan misi apa yang akan dilakukan dan mimpi apa yang harus digapai.

Pentingkah hal tersebut?

Penting sekali, karena jika pemimpin tidak memiliki tujuan dan arah konsekuensinya dia dan kelompoknya akan diam ditempat, tidak ada kemajuan sama sekali.

Jika suatu kelompok diam di tempat dan tidak memiliki kemajuan sama sekali, mereka akan mudah dikalahkan oleh kelompok yang lain dalam hal apapun.

Memilih Dengan Cerdas

Cara memilih pemimpin sudah disampaikan dan telah dibaca dengan baik. Sekarang waktunya mempersiapkan diri untuk menilai pemimpin terbaik dan berkualitas berdasarkan 5 kriteria diatas.

Gunakan hati nurani dan pikirkanlah pilihanmu dengan bijaksana. Luangkan waktu untuk mencari tahu dan menilai kualitas masing-masing calon pemimpin. Jangan memilih hanya berdasarkan janji yang mereka ucapkan saja.

Jika kita cerdas memilih, maka kita akan mendapatkan pemimpin terbaik dan berkualitas untuk memimpin. Sebaliknya, jika kita lengah dan salah memilih pemimpin, jangan salahkan jika perubahan ke arah lebih baik tidak terwujud sama sekali.

#SemogaBermanfaat

Dirangkum dari berbagai sumber, editor : Indi Sirani (Kontributor Lahatonline.com)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater