MINTA DISELESAIKAN PERSOALAN TAPAL BATAS, WARGA DESA MUARA LAWAI GELAR AKSI DAMAI

Senin, 4-Juni-2018, 12:58


LAHAT – Hari ini (04/06) warga Desa Muara Lawai dengan didampingi kepala desanya mendatangi Kantor Bupati Kabupaten Lahat dalam rangka aksi damai untuk penyelesaian tapal Desa Muara Lawai dengan desa-desa yang berbatasan.

Menurut Tim Advokasi Aliansi Indonesia, yang mendukung aksi ini bahwasanya Desa Muara Lawai ini berbatasan dengan Gedung Agung, Tanjung Jambu, Prabu Menang, dan Sirah Pulau. Hanya ada beberapa perbatasan yang bermasalah seperti dengan Desa Banjar Sari.

Menurut salah satu warga (tidak mau disebutkan nama), permasalahan ini sangat merugikan warga karena banyak pembuatan dan sertifikasi pengesahan tanah yang sangat tidak sesuai.

BACA : http://lahatonline.com/158378-di-usia-4-tahun-www-lahatonline-com-hadirkan-notifikasi-berita.html

BACA : http://lahatonline.com/158425-guslan-hanya-satu-yang-ku-suka-dengan-program-bursah-zarnubi-yang-lain-tidak.html

BACA : http://lahatonline.com/158511-bursah-zarnubi-kesehatan-setara-itu-tidak-membedakan-pelayanan.html

BACA : http://lahatonline.com/158514-bursah-parhan-tidak-ada-siswa-putus-sekolah.html

BACA : http://lahatonline.com/158021-subardi-besaran-apbd-dan-janji-politik-calon-kepala-daerah.html

Akhirnya beberapa perwakilan dari peserta aksi damai diajak melakukan mediasi di Oproom Pemkab Lahat dan pada awalnya diterima oleh Assisten 1, Ramzi, SIP, MM.

“Sebelumnya kami sudah menerima surat tentang permasalahan yang terjadi. Jadi untuk saat ini kami menerima masukan atau tambahan dari surat yang masuk untuk wacana saat kita menghadap Bapak Bupati nanti,” ujar Ramzi.

Sementara itu Camat Merapi Timur, Danil R, yang turut hadir mengatakan bahwa perihal permasalahan ini mereka sudah melakukan mediasi sebanyak 2x dengan masyarakat. Hanya saja harus sesuai dengan prosedur proses yang ada.

“Perihal tapal batas ini baiknya kita bicarakan secara baik-baik. Saya selaku camat bukan tidak mengurusi masalah ini. Saya sudah selalu berupaya. Hanya saja hasilnya belum bisa secepat kilat,” ungkap Danil R.

Sementara itu Kepala Desa Muara Lawai mengatakan bahwa tujuan dari diadakannya pertemuan ini karena takut terjadi geiolak dan bentrok antar warga.

“Dari itulah kami hantarkan warga kami ke sini untuk menyelesaikan konflik dan polemik desa kami kepada orang yang tepat,” ungkapnya.

Tak lama berselang Bupati Lahat, H. Marwan Mansyur, SH, MM dengan didampingi Ketua DPRD Kabupaten Lahat, Anggota DPRD Merapi, Kepala Dinas BPMDes, Kapolsek Merapi Area hadir menemuoli perwakilan massa di Oproom Pemkab Lahat..

Dalam sambutannya Bupati Lahat menyampaikan perihal tanggapan dari Pemkab Lahat dalam mengasah hal ini.

“Tentang pembakuan penetapan batas Desa Muara Lawai, tidak bisa serta merta putus. Tahun 1999 sudah ada berita acara penetapan tetapi hingga sekarang belum dibakukan tapal batas tersebut. Nah, di sinilah tugas kami yang akan kita nawaitu-kan bersama untuk segera ditindak lanjuti. Kita akan bentuk tim yang akan turun langsung ke lapangan,” ujar Marwan Mansyur.

Sementara itu Ketua DPRD Kabupaten Lahat, Deddi Chandra, mengamati bahwa kejadian ini adalah tentang keputusan yang tertunda.

“Jadi dalam hal ini, kita akan kembali menindak lanjuti lagi. Kami mendorong kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Lahat untuk menyelesaikan secepatnya. Alhamdulillah pihak Pemda sangat responsif menanggapi hal ini. Apalagi akan dibentuk tim oleh pihak Pemda Kabupaten Lahat. Kita selaku DPRD sangat mendukung sekali. Yang pasti selaku wakil rakyat kami akan perjuangkan hak-hak rakyat, tetapi tetap melalui proses dan tahapan-tahapan sesuai aturan yang berlaku,” ujar Dedi Chandra.

Hudson Arpan selaku anggota DPRD dari wilayah Merapi Area menegaskan bahwa dirinya akan turut menyelesaikan permasalahan ini.

“Seharusnya dokumen dari Kepala Desa sedari dulu disampaikan ke saya. Jadi karena saya berasal dari daerah sana akan saya selesaikan persoalan ini. Jadi untuk keputusan kapan kita survey ke sana adalah 2 minggu setelah lebaran,” ungkap Hudson Arpan.

(Aan LO)
Ya ALLAH
? Muliakanlah orang yang membaca dan membagikan berita ini
? Entengkanlah kakinya untuk melangkah ke masjid
? Lapangkanlah hatinya
? Bahagiakanlah keluarganya
? Luaskan rezekinya seluas lautan
? Mudahkan segala urusannya
? Kabulkan cita-citanya
? Jauhkan dari segala Musibah
? Jauhkan dari segala Penyakit, Fitnah, Prasangka Keji, Berkata Kasar dan Mungkar.
? Dan yang jomblo, dekatkanlah jodohnya.
SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

MULAK SEBINGKAI - Rabu, 07-Desember-2022 - 22:24

BEREM JALAN BADRUN MULAK SEBINGKAI LONGSOR

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater