PULUHAN MAHASISWA DAN PELAJAR LAHAT PERINGATI HARI PANCASILA

HIMAPELA mengadakan aksi konvoi

Jumat, 1-Juni-2018, 22:45


LAHAT – Puluhan mahasiwa dan pelajar Kabupaten Lahat yang merupakan ikatan Himpunan Mahasiswa dan Pelajar Lahat (HIMAPELA) bersama anak-anak jalanan memperingati hari Pancasila Ke-73 tahun yang mana jatuh pada tanggal 1 juni 2018.

Dalam rangka itu juga para HIMAPELA mengadakan aksi konvoi (long mach) yang di mulai dari PTM Square menuju simpang empat pasar lematang, Jumat (1/6/18).

BACA : http://lahatonline.com/158378-di-usia-4-tahun-www-lahatonline-com-hadirkan-notifikasi-berita.html

BACA : http://lahatonline.com/158425-guslan-hanya-satu-yang-ku-suka-dengan-program-bursah-zarnubi-yang-lain-tidak.html

BACA : http://lahatonline.com/158511-bursah-zarnubi-kesehatan-setara-itu-tidak-membedakan-pelayanan.html

BACA : http://lahatonline.com/158514-bursah-parhan-tidak-ada-siswa-putus-sekolah.html

BACA : http://lahatonline.com/158021-subardi-besaran-apbd-dan-janji-politik-calon-kepala-daerah.html

Tanpak pada aksi tersebut dukawal ketat pihak kepolisian polres Lahat, puluhan mahasiswa dan pelajar serta anak-anak jalanan ini sangat bersemangat melakukan kegiatan aksi konvoinya dengan membawa berbagai atribut baleho yang bertuliskan tuntunannya. Meskipun matahari memancar di ubun ubun mereka pada akhirnya tiba waktu sore tempat itu sempat diguyur hujan hal itu bukan tantangan bagi mereka.

Kegiatan yang diisi dengan pembagian balon dan takjil kepada anak-anak yang tengah melintasi jalan kawasan lampu merah pasar lematang, orasi dan pembacaan puisi dilakukan oleh mahasiswa dan pelajar Kabupaten Lahat ini.

Selaku ketua Umum KMKA Sundan Wijaya diwakili mahasiswa mengatakan, kegiatan hari ini adalah bentuk kepedulian terhadap keadaan bangsa ini, di mana diketahui pancasila sudah tidak diaplikasikan secara nayata dalam kehidupan sehari-hari.

“Pancasila sekarang hanya sekedar tradisi yang dilaksanakan pada saat upacara bendera setiap hari senin disekolah saja,” ujarnya.

Menurut Sundan Wijaya, terlibatnya pelajar dengan mahasiswa dalam aksi ini, untuk mengingatkan kembali sejarah. Karena presiden pertama Repubelik Indonesia Ir. Sukarno pernah mengatakan, bangsa yang besar adalah bangsa yang mengingat sejarahnya sendiri.

“Pada kesempatan hari ini, kami mahasiswa dan pelajar berharap agar pemuda di era milenial ini sadar akan tanggung jawab dalam merawat bangsa dan negara,” cakapnya berharap.

Ketika dibahas soal pemerintah Kabupaten Lahat HIMAPELA memberikan suatu refleksi terhadap pemerintah, khususnya dunia pendidikan. Karena sidari atau tidak, pendidikan sudah mejadi ajang bisnis untuk golongan tertenru sehingga silah ke’5 yang mencerminkan keadilan sosial bagi seluruh raksyat indonesia terkikis dengan sendirinya.

“Semoga dengan ini dapat mengingatkan para pejabat di lingkungan pemerintah daerah, bahwa mereka disumpah dengan yang berazaskan UUD 1945,” tutupnya.

Masih di tempat yang sama, salah seorang pelajar mengaku sangat bangga bisa ikutserta dalam kegiatan ini dan berharap agar kegiatan ini berkesinambubgan tidak hanya sebatas perayaan hari pancasila saja.

“Kami sangat mengharapkan kedepan adanya kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pemerintah langsung. Walaupun kami masih usia dini. Akan tetapi kami sedikit banyaknya sudah mengetahui persoalan-persoalan bangsa dan negara, terkhusus persoalan anggaran di Kabupaten Lahat,” ungkap ketua pelaksana Roby melalui Denu yang juga bersetatus pelajar itu.

(Mirhan)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater