Jumlah Pengunjung

dgGEREg

Download Aplikasi

POLRES LAHAT DIMINTA TINDAK TEGAS SATPAM DINAS PENDIDIKAN

Senin, 21-Mei-2018, 11:39


BANDAR JAYA – Satuan Pengamanan (Satpam) yang bertugas di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lahat dinilai LSM Pengawas Lingkungan, Anti korupsi, Nepotisme, Tenaga kerja, Aparatur, Rumah Sakit dan Investasi (Plantari), dalam penugasannya asal-asalan dan tidak sesuai dengan aturan yang berlaku.

Dikatakan Ketua LSM Plantari, Sanderson Syafe’i. ST. SH saat ditemui lahatonline.com tadi pagi Senin (21/5) di sekretariat bilangan Blok C, menjelaskan bahwa payung hukum satpam berpatokan dengan Peraturan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Nomor Pol. 24 Tahun 2007 tentang Sistem Pengamanan Manajemen Perusahaan/Instansi Pemerintahan

Yakni, tambah Sanderson, setiap petugas keamanan wajib memiliki sertifikasi Gada Pratama dan untuk mendapatkan sertifikat tersebut, sesuai dengan peraturan Kapolri Nomor Pol. 18 Tahun 2006, ditemukan ada tiga tingkatan jenjang pendidikan yang harus dilalui Satpam, jika tidak ada kiranya pihak Polres Lahat dapat menindak tegas oknum yang menggunakan seragam Satpam di Disdikbud itu.

BACA : http://lahatonline.com/158378-di-usia-4-tahun-www-lahatonline-com-hadirkan-notifikasi-berita.html

BACA : http://lahatonline.com/158425-guslan-hanya-satu-yang-ku-suka-dengan-program-bursah-zarnubi-yang-lain-tidak.html

BACA : http://lahatonline.com/158511-bursah-zarnubi-kesehatan-setara-itu-tidak-membedakan-pelayanan.html

BACA : http://lahatonline.com/158514-bursah-parhan-tidak-ada-siswa-putus-sekolah.html

BACA : http://lahatonline.com/158021-subardi-besaran-apbd-dan-janji-politik-calon-kepala-daerah.html

Dijelaskan Sanderson yang juga penggiat Keterbukaan Informasi Publik (KJIP) ini terkait Implementasi KIP sesuai UU 14/2008 mengenai masyarakat yang kesulitan mengakses informasi di Badan Publik Disdikbud Lahat, pihaknya telah mendapatkan konfirmasi secara resmi tentang legalitas Satpam Disdikbud tersbut.

Hasilnya, lanjut Sanderson, ternyata Satpam Disdikbud itu tidak memiliki Sertifikat Gada Pratama sesuai Peratura Kapolri No. 24 Tahun 2007, namun hanya SK Penunjukan Satuan Pengamanan Pelayanan dari dinas yang memakai seragam satpam merujuk surat Tanggapan No. 800/433/sekret/P&K/2018.

“Akibat ketidak profesional kerja Disdikbud Lahat itu, kantor pemerintah yang seharusnya tempat memberikan pelayanan kepada masyarakat seringkali berubah fungsi menjadi tempat praktek maupun ujicoba barang-barang dagangan para pedagang asongan yang berlanjut dengan proses jual beli barang yang memberikan keleluasaan yang berlebihan bagi para pedagang di kantor-kantor pemerintah,” terangnya

Hasil investigasi pihaknya, terlihat seorang pedagang baju dengan leluasa masuk kedalam ruangan dan ada anak sekolah di jam belajar terlihat didalam ruangan, sementara masyarakat untuk masuk menemui salah satu pegawai terhenti oleh satpam yang mengendalikan kunci otomatis pintu.

“Ironis memang, kantor dinas Pendidikan yang telah dipasang kunci otomatis dan dijaga satpam malah dijadikan tempat jualan apalagi saat jam kerja. Hal ini menunjukan keseriusan cara kerja oknum yang berwenang di Disdikbud Lahat” kesalnya

Lebih lanjut dikatakan Sanderson, atas dasar itulah dirinya meminta kepada pihak Kepolisian Resort (Polres) Lahat yang mempunyai wewenang untuk menindak tegas oknum satpa yang bertugas di Disdikbud Lahat namun tidak berdasarkan aturan yang berlaku di Republik yang kita cintai ini.

Sementara saat lahatonline.com ingin mengkonfirmasikan permasalahan tersebut tadi siang Senin (21/5) ke Disdikbud Lahat tidak berhasil memperoleh jawaban resmi. Menurut Satpam Disdikbud,Indah Kepala Disdikbud Lahat, Drs. Sutuko. M.Si dan Sekretaris Dinas serta pejabat lainnya menghadiri Paripurna di HUT Lahat di DPRD Lahat.
“Nak cari siapo? Katek galo wong isi kantor ni yang biso kamu temui. Mereka menghadiri acara di DPRD,” cetus Indah dengan logat daerah. (DAFRI. FR)

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN

KOTA AGUNG - Minggu, 29-Maret-2020 - 13:50

Polisi Semprot Desinfektan Pemukiman Warga

selengkapnya..

LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

KIKIM SELATAN - Jumat, 27-Maret-2020 - 16:47

Pemdes Banuayu Lakukan Penyemprotan Disinfektan

selengkapnya..

PULAU PINANG - Jumat, 27-Maret-2020 - 13:13

DESA JATI, BELUM ADA YANG MATI GANCANG

selengkapnya..

Jumlah Pengunjung

dgGEREg

Investigasi

Berita Sebelumnya

PanCe

Siape & Tuape

Jajak Pendapat

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater