MEMBANGUN MASYARAKAT SEHAT BUTUH DUKUNGAN SEMUA PIHAK

PKM Kota Agung Gelar Mini Lokakarya Lintas Sektoral

Rabu, 9-Mei-2018, 23:18


KOTA AGUNG – Mendukung program pemerintah daerah dalam menjadikan masyarakat kabupaten Lahat yang sehat menjadi keharusan semua pihak.

Dalam mini lokarya yang dihadiri oleh perwakilan lintas sektor, PKM Kota Agung mengajak semua elemen untuk mewujudkannya.

Mini lokakarya ini berlangsung di gedung serbaguna kecamatan, dibuka langsung oleh Camat Kota Agung, Pahtahul Hadi. Turut hadir unsur tripika kecamatan, kepala UPTD/B, kepala desa, perwakilan ormas, tim PKK, dan sejumlah undangan.

Dalam laporannya, kepala PKM Kota Agung, Achmad Fuad, SKm menjelaskan, semua pihak wajib ikut serta dan punya tanggung jawab mem dalam pembangunan kesehatan ini.

“Dalam membangun hal itu, banyak karena hal yang harus dilakukan. Diantaranya angka kematian kelahiran dan penyakit menular.

Kemudian trend penyakit dimasyarakat yang berubah, hal ini tentu terkait budaya hidup sehat yang belum menjadi bagian kebutuhan,” jelas Fuad.

Yang lain adalah infrastruktur kesehatan yang belum memadai, tentu akan berkaitan dengan pelayana kesehatan itu sendiri. Bahkan akses jalan yang belum memungkinkan, rehab postu di Keban Jati,

Kemudian lanjutnya kondisi rumah dinas dokter, juga yang tak kalah pentingnya sarana limbah rumah tangga yang belum dibuat sesuai standar kesehatan.

“Di tahun 2018 kami akan melakasanakan program berbasis kesehaatan bagi masyarakat. Untuk hal yang telah disebutkan tadi kita berharap akan adanya perhatian dari pemerintah.

Dalam waktu dekat akan dilakukan survei Program Indonesia sehat dengan model pendekatan keluarga (PIS-PK). Tentu dukungan dan bantuan semua pihak sangat diharapkan,” ungkapnya, Rabu (9/5).

Pemenuhan kebutuhan kesehatan dasar menjadi perhatian serius, antra lain mulai dari program KB, persalinan, imunisasi dasar, asi ekslusif.

Berikutnya pemantauan perkembangan balita, pengawasan pemakaian obat tertentu, orang dengan gangguan jiwa (OGJ) tidak ditelantarkan.

Kampaye anggota keluarga bebas rokok, yang kian membuktikan perhatian pemerinta untuk bidang kesehatan ini adalah dengan diberikannya akses jaminan kesehatan, terakhir adanya sumber air bersih bagi warga.

Sedangkan Camat Kota Agung Pukatul Hadi, dalam sambutan pembukaan kegiatan ini mengajak semua unsur yang ada untuk memiliki Tanggung jawab bagi pembangunan kesehatan yang dilakukan bersama.

“Pendidikan pola hidup sehat dimulai dari keluarga, selebihnya sinergitas lintas sektoral menjadi modal penting.

Semua program yan ada dapat berjalan dengan baik, bila diberikan dukungan secara optimal. Intinya lebih baik semua itu sejalan dengan slogannya mengcegah lebih baik dari pada mengobati,” ujarnya. (Indi)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG

KIKIM TIMUR - Kamis, 08-Desember-2022 - 15:36

selengkapnya..

GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

MULAK SEBINGKAI - Rabu, 07-Desember-2022 - 22:24

BEREM JALAN BADRUN MULAK SEBINGKAI LONGSOR

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater