LANTIK KENAIKAN TINGKAT PENGGALANG, KAMIGUS AJAK MAKNAI JIWA PRAMUKA

Ekstrakurikuler Wajib Ka13

Senin, 7-Mei-2018, 10:34


KOTA AGUNG – Menjadi salah satu kegiatan pendidikan pembelajaran di sekolah, Pramuka tentu punya peran yang cukup penting dalam pembentukan karakter siswa. Hal ini terus digalakan oleh pemerintah dalam hal Kemendikbud, bukan hanya sebagai bagian dari kegiatan ekstrakurikuler.

Untuk sekolah yang telah menerapkan kurikulum tahun 2013 (K13), ekstra ini menjadi salah satu pendidikan pembiasaan wajib bagi siswanya. Menjadikan pramuka sebagai bagian lain dari pendidikan tentu kegiatan pramuka punya andil besar dalam sekolah.

Senin (7/5), bertempat dihalaman SMPN 1 Kota Agung dilakukan upacara kenaikan tingkat bagi anggota pramuka tingkat penggalang. Sebanya belasan anggota yang aktif di Gudep pangkalan sekolah ini dilantik langsung oleh Kamabigusnya, Isro, S.Pd.

Dalam acara ini, kenaikan tingkat sebagai upaya evalusi kecakapan anggota pramuka yang telah dijalani selama ini. Hal lain yang menjadi pertimbangan adalah standar yang ada dalam pramuka tersebut.

“Menginggat penggalang merupakan  pramuka yang memiliki rentang usia 11-15 tahun. Usia ini biasanya paling banyak dikalangan SD kelas 4 sampai SMP kelas 9.  Golongan ini merupakan  golongan pramuka setelah  Siaga.

Dalam golongan penggalang dilaksanakan sistem terpisah dimana pramuka penggalang putra dipisah dengan pramuka penggalang putri. Pramuka penggalang digolongkan dalam 4 tingkatan, yaitu, Penggalang Ramu, Penggalang Rakit, Penggalang Terap, dan Penggalang Garuda. Sama seperti Siaga, tingkatan tersebut bisa dicapai secara berturut-turut setelah seorang Pramuka Penggalang menyelesaikan pencapaian SKU,” jelas Isro kepada pewarta.

Selenjutnya, Dia juga menerangkan, bahwa untuk siswa di SMPN 1 Kota Agung, tahun pelajaran 2018/2019 semua tingkat kelas akan melaksanakan K13. Artinya pramuka jadi sebuah media wajib dalam proses pendidikan di sekolah ini.

“Pramuka telah memberikan bukti, berapa banyak orang yang dibentuk dengan karakater yang baik, sehingga dimasa yang akan datang bisa saja mereka menjadi pemimpin. Karena secara karakter mereka telah berbentuk dan teruji, disekolah dalam hal ini gugus depan bisa menjadi wadah dasar dalam pendidikan pramuka secara baik,” lanjutnya.

Dipihak lain, Nata Setiadi, Pembina pramuka putra menambahkan, kegiatan upacara kenaikan tingang bagi penggalang ini adalah agenda yang telah dituangkan dalam program gugus depan. Setelah melalui tahapan dan proses yang ada, penggalang yang mencukup syarat SKU akan mengikuti tahapan ini.

“Untuk adik-adik penggalang yang kali ini telah ikut kenaikan tingkat selamat, beban dan tanggung jawab pramukan yang ada kini telah melekat di tubuhnya. Karena telah naik tingkat tentu tanggung jawab akan kian besar, baik itu secara organisasi dan masyarakat.

Semua yang telah dicapai harus dibuktikan dengan pengembangan dimasyarakat, buktikan bahwa pramuka memang berbeda dan punya nilai lebih,” tambahnya. (Indi)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN

LAHAT - Rabu, 27-Maret-2024 - 17:54

Guru Penggerak Terus Bertambah 

selengkapnya..

KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater