MANGGALA AGNI LAUNCHING PATROLI TERPADU DAN POSKO PENCEGAHAN KARHUTLA

Rabu, 2-Mei-2018, 16:36


MUARA MAUNG – Bertempat di halaman Kantor, Rabu (2/5/18) Manggala Agni KLHK Daops Lahat gelar Launching patroli terpadu dan psko pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Provinsi Sumatera Selatan tanun 2018.

Dalam arahanya Kepala Daerah Operasi Manggala Agni Kabupaten Lahat Candra Irfansyah, melalui seketari Daops Widodo, SH, menyampaikan, launching Patroli Terpadu Pencegahan Karhutla tersebut, mengingat biasanya dipertengahan bulan Mei ini kerap terjadi kebakaran hutan dan lahan.

“Manggala Agni Daops IV Lahat ini telah membidangai 9 Kabupaten/kota, dari 9 tersebut tersebar sebanyak 6 posko pencegahan, kemudian untuk di Kabupaten Lahat ini kita ada 2 Posko yaitu di Kota Pagar Alam Desa Tanjung Raja untuk kroscek sampai wilaya kota Pagar Alam, kemudian posko Kikim Selatan krosceknya sampai kewilaya Empat Lawang dan sedangkan Kabupaten Pali krosceknya sapai pada wilaya Kota Prabumulih,” bebernya.

Ditambahkan, Widodo katanya pada kesempatan ini patroli terpadu merupakan salah satu upaya pencegahan yang dilakukan KLHK terhadap kejadian karhutla. Maayarakat diajak unuk bersama-sama mencegah karhutla dan mengamankan wilayanya daru asap dampak karhutla.

“Maka dari itu launching Patroli Terpadu Pencegahan Karhutla dilaksanakan mengingat pada pertengahan bulan Mei ini akan terjadinya kemarau, melalui monitor perkembangan cuaca dan munculnya hotspot,” katanya.

Dirinya juga menegaskan, pentingnya posisi Indonesia sebagai tuan rumah event internasional Asian Game 2018 yang diselnggarakan di palembang dan Jakarta. “Dengan demikian, kondisi wilayah Indonesia harus beber-beber bebas dari karhutla dan kabut asap, oleh karena mari bersama-sama mencegah karhutlah dan mengamankan wilayanya dari asap dampak karhutlah,” tuturnya.

Ditempat yang sama Pembina Apel diambilalih oleh kapten infantri Syapurullah pasi ops kodim 0405/Lahat, dalam sambutanya ia berharap masyarakat harus menjadi bagian solusi jangan dijadikan masalah.

“Mengingat karen Karhutlah dampaknya sangat besar seperti ditahun lalu, dan jangan sampai pada pelaksanaan Asian Game nanti akan terganggu olah dapak asap, mari kita bersama-sama melakukan pencegahan karhutla ini minimal kita mengurangi,” katanya.

Dalam Lounching Patroli terpadu pecegahan Kebakaran hutan dan lahan Daops Manggala Agni Lahat ini melibatkan unsur TNI dan Polri serta unsur masyarakat peduli Api (MPA). Dala kegiatan tersebut turut hadir unsur tripika Kecamatan Merapi Barat.

Pelaksanaan Apel diakhiri dengan peninjauan pasilitas manggala agni dan disusul dengan pelepasan secara simbolis para peserta patroli.

(Mirhan)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

KIKIM TIMUR - Rabu, 30-November-2022 - 21:24

POLSEK KIKIM TIMUR SOSIALISASI SABER PUNGLI

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT - Rabu, 30-November-2022 - 18:30

selengkapnya..

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

MULAK ULU - Rabu, 30-November-2022 - 11:29

CAMAT ELSYE TERIMA TIM DISPERIKAN LAHAT

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater