UNKP DIGELAR, WAKTU PELAKSANAAN BERUBAH

Ada Tambahan Waktu Persiapan

Senin, 23-April-2018, 12:08


KOTA AGUNG – Pelaksanakan Ujian Nasional berbasis Kertas Pensil (UNKP) serentak digelar, setidaknya ada ada 510 orang peserta ujian yang ikut dalam Sub Rayon VI ini. Semetara itu ada 30 ruang yang dipergunakan dengan sebaran 9 sekolah penyelanggara, 2 ruang pada 2 sekolah yang menggabung.

Pada UNKP kali ini ada 4 mata pelajaran yang di ujikan, terdiri atas Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam. Dijadwalkan UNKP akan dilaksanakan selama 4 hari mulai tanggal 23 April 2018 sampai dengan 26 April 2018.

Ketua Sub Rayon VI, Isro, S.Pd yang juga sebagai kepala SMPN 1 Kota Agung menerangkan secara substansi sistem UNKP tak ada perubahan yang berarti, hanya perubahan nama Ujian Sekolah (US) menjadi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (UASBN).

“Selain itu, adanya perubahan jadwal penyelenggaraan, kalau tahun lalu UN-nya dimulai pukul 8.00 WIB saat ini dimulai pukul 10.00 WIB artinya ada pergeseran waktu saja.

Selain itu untuk penentuan kelulusan masih sama seperti tahun lalu diserahkan kepada satuan pendidikan (sekolah) masing – masing dengan mengacu pada norma yang ada. Kalau nilai Ujian Nasional (UN) hanya sebagai media pemetaan yang hasil ujian secara nasional,” jelasnya, Senin (23/4).

Ketikan ditanya terkait dengan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer, Isro menguraikan, hal ini merupakan kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah pusat dengan pertimbangan usulan dan sarana yang ada di sekolah penyelenggara.

“Kabarnya kita akan melaksanakan pada tahun depan, tapi hal ini belum pasti masih menunggu perhitungan dan menetapan dari pemerintah. Karena UNBK menyangkut kesiapan perangkat dan personilnya.

Kita tak mau berspekulasi untuk masalah kesiapan ini, karena saat ini kita hanya memiliki 1 unit labor komputer dengan kondisi belum siap. Artinya masih banyak hal yang perlu kita pertimbangkan, terutama untuk pengadaan sarana dan pembiayaan perangkat pendukung,” uraianya.

Sedangkan Karsono, S.Pd, kepala SMPN 4 Ulu (SMPN 2 Mulak Sebingkai) menambahkan, seluruh dokumen UNKP ini didistribusikan oleh Sub Rayon, pihak sekolah penyelenggara mengambil dokunem ujian setiap hari sebelum jadwal pelaksanaanya.

“Selesai ujian, LJK dan kelengkapannya masuk dalam amplop yang telah segel, seterusnya dikembalikan untuk dikumpulkan di Sub Rayon, karena hari itu juga akan dikirim ke kabupaten.

Untuk antisipasi dalam distribusinya, kami membagi tugas dengan staf kita yang ada di sekolah. Pagi kita ambil, siangnya staf kita yang mengantar kembali ke Sub Rayon,” tambanya.

Di Sub Rayon VI ini, membawahi SMP/MTs di wilayah 2 kecamatan, masing-masing Kota Agung 5 sekolah, Mulak Ulu 4 sekolah. (Indi)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

LAHAT - Kamis, 01-Desember-2022 - 23:54

Kapolda Sumsel Kungker ke Polres Lahat 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater